Tanya Dokter

  • GERD dan Gastritis Belum Sembuh sudah 3 Bulan

  •  ATEP RUHIAT
    Anggota

    Dok saya mau konsultasi terkait penyakit saya, awalnya saya tiba-tiba sesak nafas disertai jantung berdebar. lalu setelah itu saya merasa ada benjolan ditenggorokan. Lalu saya berobat ke dokter spesialis dalam katanya saya terkena GERD, saya diberi obat pariet, gastrolan, zepazym, dan dogmatil. sebulan saya berobat tapi gejala perut kembung, sesak, sendawa, menguap, dan muntah serta rasa cemas masih ada. lalu saya berobat kembali ke dokter spesialis dalam yang lain katanya saya sakit Gastritis, lalu saya diberi obat rocer, dan minggu selanjutnya ulceranin, ketika dua minggu saya meminum obat ini, kadang-kadang tenggorokan saya terasa tidak nyaman dan sering tiba-tiba terasa ada yang mengganjal sehingga saya menjadi terasa sesak. Menurut pengalaman dokter apakah itu karena gejala penyakit atau efek samping dari obat yang saya konsumsi?

    Terimakasih sebelumnya..

    Hai, Gangguan asam lambung, seperti penyakit asam lambung (GERD), sakit maag, atau gastritis, dapat menyebabkan keluhan perut kembung, mual, tidak nyaman di dada, terasa panas dari leher hingga ke perut, atau nyeri ulu hati. Kondisi stres atau cemas, juga dapat meningkatkan asam lambung, serta menimbulkan gejala jantung berdebar, mual, maupun sesak napas. Efek samping obat tertentu juga dapat menimbulkan keluhan seperti jantung berdebar, mual, atau perut kembung. Usahakan untuk bersikap lebih tenang, memiliki waktu istirahat yang cukup, dan dapat mengelola stres dengan lebih baik lagi. Memiliki pola makan teratur. Kurangi konsumsi makanan berlemak, minuman bersoda/ kafein, serta tidak merokok. Perbanyak minum air mineral. Jika sudah memiliki pola hidup sehat dan keluhan masih dirasakan, disarankan agar Anda periksa ke dokter kembali. Pemeriksaan fisik dengan mengetahui riwayat kesehatan sebelumnya serta obat-obat yang sudah dikonsumsi, serta tes penunjang yang diperlukan seperti sinar X atau endoskopi, dapat membantu mengetahui jika terdapat penyebab medis yang mendasari. Sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan.   Semoga bermanfaat, dr. Jessica

    ATEP RUHIAT  ATEP RUHIAT
    Anggota

    Terimaksh dok, tpi untuk saat ini saya sudh berusaha untuk mengubah pola mkn sehat, dan yg sy rasakan sekarang perut memng tidak pernh terasa sakit lg, tpi rasa tidak nyman ini msh ada, kata dokter spesialis dalam 5hri yang lalu bilang skrg lmbung saja sdh tidak apa-apa, tpi rasa dada terasa tertekan, sering menguap, tenggorokan tidak enak, lidah saya berwarna ptih, sendawa, dan nafas terasa tidak plong msh saya rasakan tiap harinya? Saran dokter baiknya sperti apa..