Tanya Dokter

  • Pipi bengkak setelah diberikan obat bius

  • Selamat pagi,Dokter mohon penjelasan dr kasus aku ya... Dok td sore 5-4_2017 jam 6.15 ,aku menemui dentist,maksudnya mau mencabut gigi graham no2 dr belakang bagian kanan,namun dokterbilang yg menimbulkan sakit justru yg paling belakang ,hingga akhornya sepakat mencabut yg paling belakang setelah disuntik bius malah pipi aku jd bengkak besar sekali,sebesar buah tomat dan keras,kemudian dokter bilang tidak bisa dicabut dan aku diberi obat anstan forte dan cinoma ,tp kok sudah sampai seharian ini bengkak tidak kunjung kempis dan bengkak terasa sangat keras dan sakitbila dipegang,ini kenapa ya dok?dan bagai mana yg bisa aku lakulan? Karna sgt khawatir (ibu usia39th)terimakasih

    Salam,

    Dari informasi yang Anda sampaikan, kondisi yang Anda rasakan kemungkinan dapat disebabkan oleh alergi terhadap obat bius yang disuntikkan, kondisi ini dapat menyebabkan pembengkakan dan ketidaknyamanan kondisi sekitar gusi dan rongga mulut pada sesisi keluhan Anda. Bila keluhan ini masih menetap Anda dapat melanjutkan terapi yang sudah diberikan, dan juga memberikan tambahan anti alergi seperti CTM yang mempunyai efek samping mengantuk.

    Selain kemungkinan alergi, tanda radang yang terjadi, berupa nyeri, dan pembengkakan dapat disebabkan oleh proses radang yang terjadi pada gigi graham Anda. 

    Anda dapat melanjutkan pengobatan, dan memberikan kompres dingin bila keluhan nyeri meningkat. Sehingga diharapkan dapat membantu mengurangi keluhan yang tidak nyaman.

    Bila Anda merasa  keluhan ini menetap dalam 1 hari kedepan, sebaiknya Anda berkonsultasi kembali dengan dokter gigi Anda yang merawat Anda, atau second opinion berkonsultasi dengan dokter gigi dan mulut lainnya di kota Anda untuk mendapatkan pemeriksaan dan evaluasi paska pembengkakan yang terjadi sebelumnya.

    Perawatan dan pengobatan akan direncanakan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Yang perlu Anda lakukan adalah:

    1. hindari konsumsi makanan pedas, mie, bakso, makanan atau minuman yang terlalu manis

    2. gunakan obat kumur untuk menjaga kesehatan rongga mulut

    3. evaluasi diameter pembengkakan

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga graham bungsu.

    dr. Ulfi