Tanya Dokter

  • Gigi depan retak dan cara mengatasinya

  • Dok. Gigi depan saya retak. Aaya sudah konsultasi ke dokter gigi dan baru sekali kunjungan krn msh tambal sementara dan harus 3 sampai 4 kali kunjungan. Kira kira bs apa tidak kunjungan untuk perawatan selanjutnya saya ke dokter gigi yg berbeda? Trimakasih atas bantuannya.

    Dear Serly,

    Gigi patah atau retak dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yang tersering adalah trauma atau benturan pada gigi, seperti mengonsumsi makanan yang keras, terkena pukulan, terjatuh, ataupun mengalami kecelakaan. Gigi yang retak tentunya dapat mengganggu fungsinya dalam menggigit/mengunyah makanan maupun fungsi estetisnya.

    Penanganan gigi retak akan sangat tergantung pada seberapa banyak sisa jaringan mahkota gigi, lokasinya, serta kondisi ruang pulpa (ruangan di dalam gigi yang mengandung pembuluh darah dan saraf yang sensitif). Bila gigi retak pada lapisan luar saja dan ruang pulpa masih tertutup, maka umumnya gigi masih dapat ditangani dengan penambalan gigi menggunakan bahan tertentu. Namun jika gigi yang retak  sudah mengenai ruang pulpa maka akan diperlukan perawatan saluran akar gigi terlebih dahulu.

     

     

    Penanganan yang tepat tergantung pada kondisi gigi yang retak tersbut. Konsultasikan dengan dokter gigi agar dapat diberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi dasarnya.

     

    Artikel ini memberikan informasi terkait:

     

    Gigi patah

     

    Semoga bermanfaat,

    dr. Rony