Tanya Dokter

  • Gigi yang tumbuh berlebih

  •  Efraim Raka
    Anggota

    halo dok , saya mau tanya gigi sebelah kiri saya yang tengah tumbuh double dok , saya mau tanya kalau di cabut kira2 itu apa perlu operasi atau cabut gigi biasa? kalau tdk di cabut bahaya ga dok?

    Halo,   Gigi yang tumbuh berlebih (gigi supernumerar/ tambahan) bisa dicabut dengan metode pencabutan gigi biasa atau operasi tergantung dari jenis gigi tambahan yang Anda alami, namun sebelumnya gigi yang hendak dicabut perlu diperiksakan secara seksama ke dokter gigi. Beberapa tipe gigi tambahan antara lain adalah :

    1. Conical= biasa berukuran kecil seperti kerucut, biasa tumbuh sebagai gigi insisivus dan tumbuh tinggi di atas palatum.
    2. Tuberculate
    3. suplemental
    4. Odontoma
    Terkadang dokter gigi akan melakukan pemeriksaan tambahan seperti rontgen gigi untuk memastikan bahwa akar gigi yang hendak dicabut tidak bersinggungan atau menempel dengan gigi lain sehingga proses pencabutan gigi tidak akan menimbulkan komplikasi atau efek samping yang tidak diinginkan. Selain itu rontgen gigi juga akan menentukan jenis gigi tambahan Anda dan menentukan pula terapi yang terbaik untuk gigi Anda. Untuk itu segera periksakan gigi Anda ke dokter gigi untuk mendapatkan terapi sesuai. Baca artikel Alasan cabut gigi. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi