Tanya Dokter

  • Tindakan gigi berlubang

  • Siang Dok?.. Nama saya Didi umur 27 th. Gigi geraham atas ujung kiri,, berlubang hampir setengahnya, dan Gigi tersebut berubah posisi miring. Tidak seperti semula.. Sebulan terakhir ini saya mengalami nyeri dan ngilu setiap saya makan dan minum. Apa tindakan yang harus dilakukan? Apakah pencabutan gigi diharuskan?

    Hai, Gigi berlubang yang semakin besar dan mempengaruhi saraf, maka dapat menimbulkan rasa nyeri. Setelah mengkonsumsi makanan panas atau dingin juga dapat menyebabkan nyeri pada gigi berlubang. Penanganan gigi berlubang tergantung pada tingkat keparahan yang terjadi:

    • lubang yang masih sangat kecil dan tahap awal, dapat diberikan fluoride untuk memulihkan enamel gigi
    • memberikan tambalan pada gigi berlubang
    • crown, untuk menggantikan seluruh crown (mahkota) alami gigi
    • perawatan saluran akar
    • mencabut gigi, jika gigi berlubang sudah parah dan tidak dapat diperbaiki
    Obat parasetamol dapat diberikan untuk mengurangi rasa nyeri yang terjadi. Tetap jaga kebersihan gigi dan rongga mulut. Sikat gigi 2 kali sehari secara rutin. Kurangi konsumsi makanan tinggi gula. Cukup minum air putih. Disarankan agar Anda segera periksa ke dokter gigi. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan langsung terhadap kondisi gigi berlubang, dan diberikan jenis penanganan yang tepat. Halaman berikut membahas Penanganan gigi berlubang     Semoga bermanfaat, dr. Jessica

    Oh iya dok,, persis dibawahnya,, tapi bukan gigi ataupun gusi melainkan sampingnya ( bagian rahang)-ada benjolan kecil, kalo untuk makan saya masih bisa pake geraham yg sebaliknya, tpi pas mengunyah, antara gusi sama benjolan itu terjadi sakit tak tertahankan sehingga sering pas enak makan saya tidak bisa melanjutkan krn rasa sakit itu, benjolan itu knpa ya dok..