Tanya Dokter

  • Mengatasi gigi berlubang

  •  Amel Amel
    Anggota
    Halo dok saya annisa.. bagaimana cara menyembuhkan gigi berlubang dan apakah ada hubungan antara gigi dengan sistem urat? Keluhan saya setiapa kali saya menelan ludah dibagian tenggorokan dan telinga terasa sakit.. dan bibir mulai kering... terimakasih dok sebelumnya..

    Hai Annisa,

    Gigi berlubang merupakan kondisi yang kerap terjadi sehingga sering dianggap biasa. Padahal sebenarnya gigi berlubang dapat menjadi sarang bakteri yang menyebarkan infeksi ke jaringan sekitarnya, bahkan pada kondisi tertentu bila bakteri menyebar ke dalam aliran darah dapat menyebabkan komplikasi fatal seperti stroke atau serangan jantung.

    Gigi memiliki hubungan dengan saraf karena gigi memiliki ruang pulpa, yaitu ruangan dalam gigi yang mengandung banyak saraf dan pembuluh darah. Bila gigi berlubang hingga mengenai ruang pulpa, maka kondisi ini dapat memicu timbulnya peradangan pulpa (secara medis disebut sebagai pulpitis) di mana kondisi ini dapat memicu timbulnya nyeri yang hebat akibat banyaknya saraf yang sensitif pada ruang pulpa.

    Infeksi pada gigi dapat pula memicu timbulnya infeksi dalam mulut hingga tenggorokan. Adapun tenggorokan berhubungan pula dengan hidung dan telinga melalui tuba eustachius (saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan tenggorokan), sehingga infeksi di tenggorokan dapat pula memicu timbulnya infeksi pada hidung dan telinga.

    Oleh karena itu bila Anda mengalami gigi berlubang maka sebaiknya kondisi ini ditangani secara tuntas agar tidak menimbulkan komplikasi lebih lanjut. Sementara ini bila timbul nyeri yang mengganggu Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti paracetamol atau asam mefenamat. Selanjutnya sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi agar dapat diberikan penanganan lebih lanjut.

    Dokter terlebih dahulu akan memeriksa kondisi gigi dan mulut Anda, kemudian barulah penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan kondisi dasarnya. Jika kondisi gigi yang berlubang masih cukup baik maka dokter dapat menganjurkan tindakan penambalan gigi, setelah sebelumnya jaringan yang rusak dibersihkan dan dibuang. Tindakan perawatan saluran akar gigi mungkin dapat dianjurkan oleh dokter jika diperlukan. Namun jika kerusakan gigi sudah berat sehingga gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi, maka tindakan terakhir yang akan dianjurkan oleh dokter adalah pencabutan gigi.

    Untuk mencegah timbulnya kerusakan gigi lebih lanjut berikut ini anjuran bagi Anda:

    • Menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan menggosok gigi secara teratur, terutama setelah makan dan sebelum tidur malam
    • Berkumur dengan obat kumur antibakteri
    • Gunakan dental floss untuk membersihkan sela gigi dari sisa makanan
    • Minum cukup air putih untuk menjaga kelembaban mulut
    • Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula yang tinggi
    • Cek kesehatan gigi ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan


    Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait:

    Penanganan sakit gigi berlubang                
    Obat sakit gigi berlubang                 
    5 langkah perawatan untuk mencegah gigi berlubang

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman