Tanya Dokter

  • Mengatasi pembengkakan pada gusi

  •  veved
    Anggota

    Dok, saya mau tanya. awal gigi saya berlubang pada geraham atas kiri dan di tambal sekitar 6-7 tahun lalu, setelah itu telah dilakukan penambalan ulang sebanyak 2x, dan kali ke2 penambalan dikarenakan tambalan pecah sekitar setahun lalu. pada saat penambalan terakhir masih terasa nyeri, namun sudah di notice oleh dokter jika merasa sakit segera kembali karena kemungkinan akan kena syaraf. dan setahun setelahnya tepat saat ini, saya merasakan sakit kembali, saya ke dokter gigi umum, disarankan untuk konservasi gigi. pada dokter gigi umum sudah dilakukan penanganan pertama dan ditambal sementara. namun sekarang, gigi sudah tidak merasa sakit melainkan gusi atas dekat gigi mengalami pembengkakan dan terlihat sedikit tembem sebelah pada pipi kiri hingga kelobak bawah mata. gigi sudah tidak merasa ngilu ataupun sakit. pada penanganan pertama di berikan obat mefenamic acid dan amoxilyn.
    pertanyaan saya, pembengkakan tersebut terjadi karena infeksi dari syaraf gigi atau obat yang kurang tepat? lebih baik dilakukan perawatan syaraf gigi atau di cabut? dan jika dilakukan pencabutan gigi apakah setelahna tidak merasakan sakit/nyeri, infeksi terhenti dan tidak menyebar, dan pembengkakan menreda?

    Terimakasih.

    Halo, terimakasih atas pertanyaan yang Anda sampaikan

    Kondisi pembengkakan yang Anda alami tampaknya bukan karena masalah pada saraf. Jika hanya pada saraf maka hanya akan timbul keluhan nyeri dan semacamny tetapi tidak akan sampai pada pembangkakan. Pembengkakan semkacam ini sangat mungkin disebabkan oleh suatu kondisi peradangan / inflmasi karena infeksi.

    Pada tahap seperti ini maka menangani infeksi harus dilakukan dahulu. Pemberian antibiotik yang tepat dan anti nyeri-anti radang untuk meredakan gejala dapat diberikan oleh dokter. Perlu juga dinilai apakah pembengkakan itu disebabkan oleh adanya abses / pengumpulan nanah, jika ada maka mungkin perlu dilakukan upaya bedah untuk mengalirkan / mendrainase nanah tersebut.

    Mengenai apakah masih dapat dikonservasi atau tuidak itu perlu pemeriksaan langsung oleh dokter gigi Anda, untuk menilai apakah konservasi atau ekstraksi yang merupakan cara paling tepat dalam menangani masalah ini. Pencabutan memang selalu bisa dilakukan, tetapi masalahnya adalah pada jika memang masih dapat dikonservasi, mengapa gigi tersebut harus dicabut.

    Pencabutan tentu akan dilakukan dengan pembiusan untuk mengurangi nyeri yang timbul.Kaan tetapi , Pencabutan memang secara umum menghilangkan fokus nyeri dan infeksi.

    sakit gigi

    Demikian yang dapat saay sampaikan ,semoga bermanfaat.

     

    dr. Lili