Tanya Dokter

  • Bolehkah mencabut gigi berlubang yg sudah ditambal namun kemudian goyah dan sakit?

  •  Mimih Kaka
    Anggota

    Selamat siang, dokter, saya seorang ibu anak satu, berumur 27 tahun, saya baru pertama kali ini sakit gigi, penyebab utamanya dikarenakan gigi geraham kiri yang paling ujung berlubang, mungkin karena seringnya banyak sisa makanan yg masuk ke sana, terus sehabis mengkonsumsi makanan/minuman yang manis-manis,gigi jadi sakit. Saya langsung pergi ke dokter gigi,memang gigi yang berlubang itu dibersihkan, kemudian ditambal, dan saya hanya diberi obat asam mefenamat,memang dlm waktu 3 hari gigi saya yg berlubang itu sdh tdk terasa sakit, namun hari berikutnya sakitnya kambuh lagi, dan memang pd saat pemeriksaan gigi saya yg berlubang itu sdh goyang. Kata dokternya nanti periksa lg satu minggu kemudian, namun jka gusi bengkak hrs langsung dtg ke dokter (jangan sampai nunggu wkt pemeriksaan ulang). Gusi sy memang tdk bengkak tp pd hari kelima stlh penambalan, tiba-tiba saja gigi geraham yg berlubang itu ngilu, terasa pada saat bangun tidur, jika gigi geraham atas dan bawah (yg ditambal) itu bersentuhan pda saat mengunyah, maka sakitnya luar biasa dan terasa ngilu sekali, akhirnya sesudah seminggu saya pergi lagi ke dokter gigi, saya menceritakan keluhan saya yg baru. Dokter yang menanganinya pun berbeda dg dokter yg minggu kemarin, tambalan gigi yang lalu dibuka,lalu dibersihkan, dan dibor, terus ditambal lagi. lalu saya hanya diberi antibiotik amoxicilin dan asam mefenamat lagi. Tapi gigi saya tetap sakit sampai sekarang, terasa ngilu, apa yang harus saya lakukan, karena saya merasa tersiksa sekali, dibawa kerja pun tidak nyaman dan membuat tidak bisa konsen pada kerjaan, apa perlu gigi saya itu dicabut untuk menghilangkan rasa sakit selamanya?mohon petunjuknya ya dok....terima kasih.

    Halo,   Membaca tindakan yang telah dilakukan oleh dokter gigi Anda semua adalah protokol umum penanganan gigi berlubang yang nyeri. Jika ternyata dengan penanganan yang sudah lengkap oleh dokter gigi dan gigi Anda masih terasa nyeri maka sebaiknya Anda melakukan kontrol ke dokter gigi yang merawat Anda Gigi berlubang yang terasa nyeri bisa disebabkan karena berbagai alasan yaitu :

    1. Penyusutan gusi sehingga akar gigi terekspose dan menyebabkan gigi ngilu / nyeri.
    2. Infeksi gigi.
    3. Kista gigi.
    4. Gangren gigi.
    5. Peridontitis = peradangan gusi dan jaringan sekitar gigi.
    6. dll.
    Anda bisa melakukan beberapa langkah dibawah ini untuk mengurangi nyeri Anda yaitu :
    1. Berkumur dengan air hangat yang diberi sedikit garam / cairan antiseptik.
    2. Sikat gigi 2 kali sehari dengan pasta gigi yang sesuai.
    3. Minum obat pereda nyeri seperti paracetamol.
    4. Hindari makanan terlalu dingin / panas yang bisa merangsang nyeri pada gigi Anda.
    Jika sangat mengganggu dan gigi sudah sangat goyah maka dokter bisa mempertimbangkan pencabutan gigi. Konsultasikan permasalahan ini dengan dokter gigi Anda untuk tindakan pengobatan terbaik gigi Anda. Baca artikel Gigi ngilu. Semoga membantu.   dr. Yusi