Tanya Dokter

  • Penanganan untuk gigi busuk dan menghitam

  •  Dipdip
    Anggota
    Sya mahasiswa dok 19th, sya pnya masalah dengan gigi saya. Gigi saya ada yg busuk hitam karena sudah lama sya biarkan gigi itu jadi kecil tp ga kunjung copot, nah jadi timbul masalah.. gigi yg busuk ini semakin terdesak sama gigi disekitarnya, yang bikin tidak enak adalah karena gigi busuk ini tetep ada walaupun kecil jadi ada daging (seprtinya gusi) yg terjepit diantara gigi busuk dan gigi yang disampingnya td Dan itu bikin ga enak dok waktu kumur aja terkadang cukup mengganggu, jadi solusinya apakah saya harus cabut gigi itu dan kalo iya apakah perlu operasi dengan dokter bedah mulut ya dok?? Trs biaya nya kira2 semahal apa ya dok? Terimakasih

    Halo. Gigi yang busuk dan menghitam biasanya terjadi akibat gigi yang awalnya berlobang dan dibiarkan lama. Dalam hal ini mungkin yang Anda maksud dengan gigi busuk adalah gigi yang berlubang atau gigi berlubang yang telah mengalami kematian/nonvital. Selain itu gigi yang menghitam bisa disebabkan oleh infeksi. Gigi yang berlubang tidak boleh dibiarkan tanpa mendapakan perawatan dari dokter gigi, karena dapat berdampak serius bagi kesehatan gigi itu sendiri dan kesehatan tubuh. Perawatan yang diperlukan pada gigi Anda tentu saja baru dapat ditentukan ketika sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Apabila gigi masih dapat ditambal maka akan dilakukan perawatan penambalan, namun bila sudah tidak dapat ditambal atau dilakukan perawatan lainnya maka gigi akan dicabut. Sebaiknya segera lakukan perawatan pada gigi Anda didokter gigi agar dapat memperkecil resiko yang mungkin terjadi akibat gigi berlubang tersebut.Gigi yang terinfeksi merupakan salah satu indikasi dilakukannya pencabutan gigi. Tentunya tindakan ini dilakukan bila infeksi tersebut sudah sembuh dengan minum antibiotik ataupun setelah perawatan  tidak berhasil. Pencabutan tidak dilakukan saat fase akut, yaitu saat gigi terasa nyeri, membengkak, atau bernanah. Terlebih dahulu dokter akan mengatasi peradangan yang terjadi, kemudian Anda dianjurkan kembali bila keluhan sudah membaik. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter gigi terdekat. Dokter akan melakukan pemeriksaan  untuk menentukan tingkat keparahan infeksi. Setelah itu, dokter akan menentukan pengobatan yang tepat untuk Anda, baik berupa tablet minum dan/atau obat kumur. Selama di rumah, Anda dianjurkan :

    • menyikat gigi secara teratur menggunakan pasta gigi, setidaknya dua kali sehari
    • sikatlah gigi dengan perlahan dan hati-hati
    • untuk mengurangi peradangan, Anda bisa berkumur dengan laruatan garam (setengah sendok teh garam dicampur air satu gelas)

    Semoga Bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S