Tanya Dokter

  • gigi geraham yang copot bisa tumbuh lagi atau tidak

  • dok saya mau tanya, saya kan sudah berumur 17 tahun gigi geraham saya goyang terus mau copot tp sebelumnya belum pernah copot sejak kecil. kalau seumpama copot bisa tumbuh lagi apa tidak ?

    Halo Tri, 

    Sebelumnya, Tri dapat mengamati dua gambar di bawah ini. Gambar yang pertama menunjukkan usia rata-rata gigi susu tumbuh dan terlihat pada rongga mulut (erupt) dan usia berapa rata-rata gigi tersebut akan lepas

    Gambar yang kedua di bawah ini menunjukkan kapan rata-rata gigi permanen akan tumbuh. 

    Usia pada gambar adalah usia rata-rata, dan bisa saja lebih cepat atau lebih lambat tergantung dari banyak faktor, diantaranya adalah ada atau tidaknya bakal gigi permanen, arah gigi permanen, gizi, besar/kepadatan rahang, ada halangan tumbuh atau tidak, penyakit mulut, dsb.  

    Untuk mengetahui gigi geraham Tri dapat tumbuh kembali atau tidak tentunya perlu dilakukan pemeriksaan lebih detail oleh dokter gigi. Jika memang belum pernah lepas sebelumnya, mungkin saja gigi tersebut adalah gigi susu dan bakal gigi permanen di bawahnya yang mendorong gigi susu tersebut sehingga goyang dan lepas. Tetapi agar lebih pasti, sebaiknya diperiksakan pada dokter gigi. Dokter gigi dapat melakukan pemeriksaan rontgen atau pemeriksaan lain yang dapat mengetahui adakah bakal gigi permanen atau hal lainnya yang dapat mengganggu pertumbuhan gigi. 

    Diskusi serupa: Apakah gigi saya akan tumbuh?

    Semoga bermanfaat, 

    dr. Mega