Tanya Dokter

  • Terbentuk warna putih dan berdarah setelah cabut gigi geraham

  • Dok mau tanya . Gigi geraham terakhir yg bawah habis dicabut . Tp sepertinya sebelah kiri gigi yg dicabut ada warna putih tidak bisa hilang . Terus saya pegang ada kasar2 saya cukit pake kuku berdarah . Itu sisa gigi atau tulang dok kira2 . Dari cabut sampe sekarang tidak sakit dok . (Saya sebutnya dinding gigi belakang sebelah kiri soalnya bingung nyebut nya itu apa) .

    Halo Rhaditya, terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Sudah berapa lama pencabutan gigi ini dilakukan? Jika Anda melakukannya dalam waktu dekat ini, beberapa kemungkinan yang mendasari keluhan Anda adalah :

    • Lubang pada bekas gigi yang dicabut akan terisi oleh jaringan baru untuk menutup lubang tersebut
    • Pembentukan bekuan darah sebagai reaksi tubuh atas adanya luka
    • Sisa makanan atau plak gigi yang menempel
    • Sariawan atau perlukaan di gusi yang dapat disebabkan oleh trauma/cedera pada proses pencabutan gigi terutama jika proses pencabutan termasuk sulit

    Selama hal ini tidak disertai dengan rasa nyeri maupun pembengkakan, sebaiknya Anda tidak mengkorek-korek bagian lubang luka agar tidak timbul infeksi yang baru dan mempercepat penyembuhan. Konsultasikan kembali kepada dokter gigi Anda untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami dan mendapatkan tindakan perawatan yang sesuai. Jagalah kebersihan rongga mulut Anda dengan rutin menyikat gigi secara teratur 2 kali sehari setelah makan dan sebelum tidur, mengonsumsi makanan yang lebih lunak jika Anda sulit mengunyah dengan baik, dan berhati-hatilah saat mengunyah makanan jika masih merasakan nyeri serta hindarilah merokok untuk mempercepat penyembuhan.

    cabut-gigi-harus-punya-alasan-tepat

    Semoga bermanfaat

    Salam,

    dr. Vita Rahayu