Tanya Dokter

  • Gigi geraham bungsu tertutup gusi & gigi palsu

  • Saat ini saya mengalami sakit yg luar biasa karena gigi geraham bungsu saya yg tumbuh.. Setelah saya ronsen panoramic, ternyata geraham bungsu miring (akar gigi berhimpitan dg akar gigi geraham tetangganya.. Yang jadi masalah, si geraham tetangga itu telah terpasang gigi palsu type bridge sedangkan si geraham bungsu masih tertutup gusi (padahal sudah 4bulan) Apakah perlu dilakukan pembongkaran gigi palsu, atau cukup operasi kecil untuk mengangkat si geraham bungsu?? Kira² berapa biaya operasi tsb?? Terimakasih

    Halo Ike proklamasi, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Kondisi yang anda alami saat ini disebut dengan impaksi gigi bungsu. Impaksi gigi bungsu adalah kondisi di mana gigi bungsu tidak bisa keluar karena lokasi tumbuhnya gigi tertutup oleh gigi di depannya. Hal ini dapat terjadi karena besarnya gigi tidak sesuai dengan besarnya rahang tempat gigi tumbuh ataupun karena posisi gigi bungsu yang miring, atau bahkan mendatar sama sekali sehingga tidak bisa tumbuh keluar.

      

    Untuk mengatasi masalah impaksi gigi bungsu, satu-satunya cara adalah dengan jalan operasi pengangkatan gigi bungsu. BIasanya untuk melakukan operasi ini anda tidak perlu membongkar gigi palsu anda. Namun ada baiknya anda konsultasikan dengan dokter gigi anda untuk pemeriksaan dan tata laksana lebih lanjut disesuaikan dengan kondisi gigi anda saat ini. 

    Biaya operasi gigi bungsu dapat berbeda-beda pada setiap dokter gigi dan setiap senter kesehatan. Anda dapat menanyakan secara langsung mengenai biaya ini kepada pihak administrasi senter kesehatan yang anda kunjungi.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga bermanfaat

     

    dr. Irna Cecilia