Tanya Dokter

  • Mengatasi pendarahan setelah gigi geraham dicabut

  •  Firda
    Anggota
    dok mau tanya. sblmnya gigi saya atas dan bawah saya ngilu lalu ditambal. lalu setelahnya saya masih merasa ngilu kalo dan sakit kalo makan lalu akhirnya di foto dan gigi bawah bekas ditambel itu di matikan syarafnya katanya udh kena saraf. nah setelahnya gantian gigi bagian atas saya yg ngilu kalo minum atau bahkan hirup udara. saya berasumsi bekas tambelan itu yg bermasalah.tapi pas di check tadi kata dokternya gigi graham paling ujung yg bolong karena kegeser jadi saat sikat gigi gabersih. lalu kata dokternya disuruh cabut. sesampainya dirumah saya nyesel dicabut setelah cari2 internet apakah harus dicabut. kebanyakan sumbernya bilang lebih baik gausah karena bisa bengkak pendarahan dllnya kalopun iya harus di foto dulu buat mastiin, tapi tadi saya ga disuruh foto tapi langsung tindakan. bener aja dok sekarang masih berdarah. kira2 saya harus apa ya dok? agak ngeri takut kenapa napa

     

    Selamat malam Firda,
     
    Gigi yang berlubang disebabkan karena kebersihan mulut dan gigi kurang terjaga, biasanya plak sisa makanan mengendap di gigi dan menyebabkan bakteri dalam sisa makanan dapat membuat gigi berlubang. Bakteri yang menyebabkan gigi berlubang dapat menyebar ke jaringan tubuh lain selain itu, gigi yang berlubang dapat menyebabkan abses atau kumpulan nanah di daerah itu. Sakit yang timbul juga membuat konsentrasi penderita gigi berlubang terganggu, bahkan sulit tidur dan sulit makan juga dapat menyertai.
     
    Sebaiknya tingkat keparahan gigi berlubang harus dinilai dengan dokter giginya secara langsung. Jika parah dan sudah mengenai saraf, mungkin harus dilakukan tindakan perawatan akar saraf terlebih dahulu, jadi untuk beberapa minggu akan rutin kontrol dan akan ditambal sementara, setelah perawatan akar giginya sembuh maka akan dilakukan tambal permanen. Jika gigi yang berlubang sudah parah sekali, kemungkinan langsung dicabut juga bisa dilakukan. Sekali lagi, semua ini tetap sesuai dengan keputusan dokter gigi yang memeriksa langsung, karena pemeriksaan fisik secara langsung tidak dapat tergantikan oleh informasi di internet.
     
    Untuk mencegah terjadinya gigi berlubang, Anda dapat melakukan beberapa tips dibawah:
    • jaga kebersihan mulut dan gigi secara rutin
    • banyak minum
    • pilih pasta gigi berflouride
    • periksa ke dokter gigi secara rutin
    •  
      Semoga bermanfaat, dr. Natasha