Tanya Dokter

  • Penyebab dan solusi atasi gigi goyang

  • Malam dokter, saat ini saya memasuki usia kandungan 8 minggu . Saya mengalami masalah pada gigi graham baeah sebelah kiri , bermula saat saya sedang mengunyah makanan (gorengan tempe) tiba2 saya merasakan graham saya terasa seperti patah (kondisi graham memang rapuh) Dan ternyata betul saja, ketika saya cek graham saya sudah goyang dan itu sangat mengganggu dok . Setiap makan selembut apapun makanan setiap kali mengunyah itu pasti sakit sekali rasanya, ini sangat mengganggu saya dok sakitnya terasa sampai ke rahang dan leher . Yang ingin saya tanyakan solusi terbaiknya bagaimana ya dok ? Mengingat kondisi saya sedang hamil trimeter pertama , obat2an tidak memungkinkan karna kondisi gigi yang memang harus dicabut , namun tidak bisa sembarangan karna takut berisiko . Mohon sarannya dok , terimakasih.

    Hallo Sindi, terima kasih telah bertanya di Alodokter :')

    Pada dasarnya penyebab terjadinya gigi goyang adalah :

    1. Infeksi gigi
    2. rusaknya jaringan penyangga gigi
    3. trauma
    4. penyusustan gusi
    5. karang gigi
    6. abses gusi
    7. kista gusi

    Hal yang pertama kali harus dipahami adalah penyebab dari terjadinya gigi goyang yang anda alami. Untuk menentukan solusi terbaik dari kondisi ini tentunya diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter, sehingga dokter bisa menegakkan diagnosis pasti penyakit gigi yang anda alami dan dokter pun bisa menentukkan penanganan dan solusi yang terbaik bagi anda apakah memang perlu dilakukan tindakan pencabutan atau dapat dipertahankan dan hanya perlu diberikan obat - obatan (yang tentunya juga aman bagi ibu hamil).

    Oleh karena itu, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan ini ke dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan secara langsung sehingga anda pun bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

    Semoga bermanfaat

    - dr. Lia N. Amalina