Tanya Dokter

  • Gigi ngilu seusai ditambal

  • Allo Dokter, Saya seorang mahasiswa 18th, saya termasuk pengidap sakit gigi. 2gigi saya yang atas paling belakang dan depan sudah berlubang, saya sering mengobatinya dengan cataflam sehingga kini sangat resistance obat. Kemarin saya ke dokter gigi dan kemudian gigi saya yang atas dan bagian depan ditambal,saya kurang begitu paham dengan jenis bahan tambalannya apa, tapi bahanya serupa dengan warna gigi saya. Setelah proses penambalan usai saya tidak merasakan sakit ngilu yang biasa rasakan. Namun ke esokan harinya, saya kembali merasakan rasa ngilu tersebut dok. Bahkan obat asmef yang diberikan dokter pada saat penambalan pun tidak bisa menghilangkan rasa ngilu saya. Mohon dijelaskan itu kenapa ya dok ? ,dan mohon saranya saya harus minum obat apa untuk mengurangi ngilu tsb. Thank's :)

    Halo,   Gigi ngilu bisa disebabkan karena beberapa kondisi seperti :

    1. Gigi sensitif
    2. Penyusutan gusi
    3. Gigi berlubang
    4. Karang gigi
    5. Radang gusi
    6. Kebiasaan menggosok gigi yang kurang tepat.
    7. dll.
    Untuk mengetahui penyebab gigi ngilu Anda maka sebaiknya Anda kembali memeriksakan gigi Anda ke dokter yang melakukan penambalan, dokter gigi bisa mengecek dan mengidentifikasi penyebab ngilu pada gigi Anda. Dengan mengetahui penyebabnya maka pengobatan bisa diberikan. Untuk mengurangi rasa ngilu, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti:
    • Menggunakan pasta gigi untuk gigi sensitif.
    • Mengoleskan fluoride pada gigi untuk meperkuat email gigi.
    • Scalling atau pembersihan karang gigi.
    • Melakukan perawatan akar gigi.
    • Melakukan bedah gusi jika terjadi penyusutan gusi.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.

    Terimakasih dokter :)