Tanya Dokter

  • gigi berlubang dan sakit saat disentuh

  •  fatimatuz z
    Anggota

    pagi dokter, saya fatimatuz 20 th. saya mau bertanya gigi depan saya lubnag sedikit dok dan sudah kehitaman. sejak dua hati yg lalu gigi itu terasa sakit apalahi saat disentuh, karena waktu itu tgl merah tdk ada dokter yg buka. saya memberi obat asamefenamat dan amoxicillin, tapi sakitnya tetap dok malah gigi yg sebelahnya juga ikut sakit saat disentuh. rasa nyeri Ndak karuan dok. makan terasa sakit tidurpun tersiksa. tadi saya k puskesmas trnyata cuma dikasi obat yg sama sprti yg saya minum pdhal sudah sya bilang gak ada efek. tapi saya disuruh minum obat itu 5 hari, dicoba dulu. dok yg saya tanyakan apa sakit gigi saya ini sudah parah dan kenapa nyeri nya tidak hilang2 ? sekian terimakasih dokter sbelumnya.

    Hai,   Nyeri pada gigi bisa disebabkan berbagai faktor seperti :

    1. Pulpitis = radang pada saraf gigi
    2. Peridontitis = radang pada jaringan sekitar gigi
    3. Abses
    4. Gas gangren pada gigi
    5. dll
    Umumnya nyeri pulpitis dan peridontitis bisa menghilang dengan pemberian antibiotik dan anti nyeri. Jika keluhan tidak menghilang bahkan setelah 3 hari pengobatan maka kemungkinan ada terbentuk gas gangren pada gigi yang perlu untuk dilepaskan agar nyeri menghilang. Dokter gigi mampu mengidentifikasi dan menindaklanjuti nyeri pada gigi Anda. Maka dari itu berkonsultasilah kembali dengan dokter gigi terdekat Anda. Jika dokter gigi yang satu kurang memberikan solusi Anda bisa mencari bantuan dokter gigi lain. Untuk mengurangi nyeri , Anda bisa membantu dengan :
    1. Berkumur setiap habis makan dengan cairan antiseptik
    2. Menyikat gigi minimal 2 kali sehari.
    3. Tidak melakukan tindakan mengorek/ menyumpal gigi yang bolong dengan apapun.
    4. Minum obat sesuai saran dokter.
    Semoga membantu.   dr. Yusi

    fatimatuz z  anonymous
    Anggota

    Malam dok . gigi saya rasanya sakit sekali karna gigi berlobang . untuk bisa menghilangkan rasa sakit nya malam ini dengan cara apa ya dok . terima kasih