Tanya Dokter

  • Gigi seri atas lepas

  •  Yogie rahmaji
    Anggota
    Assalamuallaikum dok,saya yogi ,saya mau bertanya perihal gigi seri adik saya yang berumur 13th lepas akibat terjatuh dari motor, gigi yang terlepas ada 2 dan yang satu menacap kedalam.. apakah gigi yang terlepas itu masih bisa di perbaiki ,atau masih bisa tumbuh lagi.. terimakasih sebelumnya

    Halo,

    Gigi yang ketika terlepas akan tumbuh kembali hanyalah gigi susu, yaitu gigi pertama yang tumbuh saat kecil. Saat gigi susu lepas, maka nanti akan digantikan oleh gigi dewasa. Namun pada usia 13 tahun, sebagian besar gigi selain gigi geraham yang paling belakang biasanya sudah etrgantikan oleh gigi dewasa semua, sehingga apabila patah atau lepas tidak akan bisa tumbuh kembali.

    Untungnya, gigi ompong bisa ditutupi dengan berbagai perawatan gigi berikut ini :

    • Gigi palsu yang terbuat dari logam atau plastik  biasanya menjadi pilihan populer untuk menutup gigi ompong karena harganya yang relatif murah dan mudah untuk dibersihkan, karena bisa dipasang-copot. Ada dua jenis gigi palsu yang bisa dipilih, yaitu gigi tiruan lengkap (GTL) dan gigi tiruan sebagian (GTS).
    • Implan. Jika Anda merasa tidak nyaman ketika menggunakan gigi palsu, implan bisa menjadi alternatif pilihan dalam mengatasi gigi ompong. Implan dipasang dengan memasukkan sekrup titanium ke dalam tulang rahang guna menyokong gigi palsu, bridge, atau crown. Oleh karena itu, implan biasanya lebih mahal, hanya digunakan untuk mengganti satu atau beberapa gigi saja, tekhnologi yang canggih saat inipun membuat gigi implan tidak ada bedanya dengan gigi asli. Namun prosedur ini  belum tentu cocok untuk semua orang karena pemasangan implan membutuhkan operasi yang hanya dapat dilakukan pada orang-orang yang secara umum sehat. Namun, keuntungannya implan bisa digunakan selama bertahun-tahun, bahkan sampai beberapa dekade, dan membantu mencegah rahang mengecil akibat gigi ompong.
    • Bridge. Dalam metode ini, gigi palsu pada dasarnya disangga oleh dua gigi yang ada di sampingnya. Caranya? Enamel gigi sebelah kanan dan kiri dari  gusi yang ompong dikikis agar mudah dipasangi crown. Kemudian, dibuatlah gigi palsu yang diapit oleh dua crown. Nah, gigi palsu ini lalu ditempatkan di gusi yang sudah tidak ada giginya dengan crown dimasukkan ke gigi kiri dan kanan yang sudah dikikis enamelnya. Gigi palsu pada bridge dapat dibuat dari emas, logam campuran, porselen, atau kombinasi dari bahan-bahan tersebut. Bridge bisa bertahan hingga 15 tahun atau lebih tanpa perlu diganti dengan yang baru. Tentunya dengan syarat apabila Anda selalu menjaga kebersihan mulut dengan baik dan rutin memeriksakan gigi secara teratur ke dokter gigi.

    Itulah beberapa pilihan yang dapat mengatasi keluhan yang dialami adik Anda.  karena usianya masih muda, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis gigi orthodonti untuk penanganan terbaik. Terkadang pada kondisi tertentu dapat dilakukan pemasangan behel yang akan menarik agar celah yang ada pada gigi menjadi rapat. Namun, tentu akan tergantung dari posisi gigi mana yang bermasalah.

    Sebaiknya kejadian seperti ini dicegah dengan menjaga kesehatan gigi secara rutin dan tentunya berhati-hati saat beraktivitas dan berkendara agar tidak sampai mengorbankan gigi.

    Sekian, semoga bermanfaat

    Dr. Siti Rahmayanti