Tanya Dokter

  • Gigi tidak tumbuh-tumbuh

  •  hasefa
    Anggota

    Anak saya umur 5thn 5bln...knp sampai sekarang gigi anak saya tidak tumbuh-tumbuh?terutama bagian depan...malah akhir-akhir ini tambah grepes (copot dikit-dikit)...bagaimana pertumbuhan gigi pada umumnya dok?

    Hai, Pada usia 2 hingga 3 tahun, anak akan memiliki gigi primer yang lengkap sebanyak 20 buah (sering disebut dengan gigi bayi). Usia 4 tahun, terdapat pertumbuhan dari tulang rahang dan wajah, sehingga menciptakan ruang lebih untuk gigi permanen (gigi dewasa) dapat bertumbuh dan muncul. Usia 6 hingga 12 tahun, anak akan mulai mengalami copot atau hilangnya gigi. Sehingga dalam periode ini, anak memiliki gigi bayi dan gigi dewasa yang akan menggantikan posisi gigi bayi. Usia 12 tahun, anak akan memiliki gigi permanen sebanyak 28 buah. Selain itu, gigi geraham bungsu (molar 3) dapat muncul saat usia 17 hingga 21 tahun. Adanya gigi yang tidak tumbuh dapat disebabkan faktor kongenital (bawaan lahir). Beberapa kondisi medis yang dapat mempengaruhi pertumbuhan gigi yang terlambat atau absen:

    • sindroma down
    • gangguan kelenjar tiroid (hipotiroid)
    • gangguan kelenjar paratiroid (hipoparatiroid)
    • displasia ektodermal, yaitu kondisi perkembangan abnormal dari kulit, rambut, kuku, kelenjar keringat, atau gigi
    Untuk mengetahui kondisi lebih lanjut, sebaiknya periksa dan konsultasikan anak Anda ke dokter gigi. Sehingga dapat dilakukan pemeriksaan gigi dan rongga mulut secara keseluruhan. Penanganan yang tepat akan disesuaikan dengan kondisi gigi yang dimiliki.   Semoga bermanfaat, Dr. Jessica Winoto