Tanya Dokter

  • Mengatasi gigi tumbuh tidak normal

  • Dok, saya usia 20 tahun dan gigi atas saya paling belakang sedang tumbuh. Tetapi tumbuhnya bukan ke arah bawah dok, gigi saya tumbuh ke arah samping. Bagaimana cara mengatasinya dok? Apakah bisa dengan dicabut saja atau membutuhkan operasi? Terima kasih, dok.

    Hai Rizki Amalia, Gigi yang Anda maksud disebut sebagai gigi geraham bungsu (atau disebut juga gigi molar ketiga). Gigi geraham bungsu merupakan gigi permanen yang paling akhir tumbuh, yaitu pada usia 17-21 tahun. Pada proses pertumbuhan gigi geraham bungsu memang seringkali terjadi masalah. Karena gigi ini tumbuh pada saat pertumbuhan rahang sudah berhenti, maka seringkali gigi tidak mendapat ruang yang cukup untuk tumbuh. Akibatnya terjadi pertumbuhan gigi yang tidak normal (gigi tumbuh miring atau melintang) yang disebut sebagai impaksi gigi. Dapat dibayangkan apabila gigi tumbuh miring atau melintang, maka tentunya pertumbuhannya akan terhalang oleh struktur lain di sekitarnya sehingga menimbulkan masalah lebih lanjut. Berbagai komplikasi yang dapat timbul akibat impaksi gigi antara lain:

    • Gigi berlubang (posisi gigi yang impaksi sulit dijangkau saat menyikat gigi sehingga sisa makanan menumpuk dan menyebabkan gigi berlubang)
    • Pericoronitis (infeksi pada gusi akibat sisa makanan dan bakteri terjebak di dalam gusi tempat gigi bungsu tumbuh)
    • Gigi tumbuh berjejal
    • Merusak gigi di sampingnya (karena ada celah antar gigi yang sulit dibersihkan sehingga gigi di sampingnya rentan berlubang pula)
    • Menyebabkan infeksi pada tulang gigi di sekitarnya
    • Timbul kista pada tulang gigi
    • Memicu tumor/kanker
    • dan sebagainya
    Oleh karena itu untuk mencegah timbulnya komplikasi lebih lanjut umumnya dokter gigi akan menyarankan tindakan pengangkatan gigi geraham bungsu yang mengalami impaksi. Umumnya diperlukan tindakan operasi kecil untuk mengangkat gigi yang impaksi, karena letak gigi yang tidak normal akan menyulitkan bila dicabut dengan cara biasa. Operasi kecil akan dilakukan dalam anestesi lokal atau anestesi umum (jarang). Setelah tindakan operasi umumnya dokter akan meresepkan obat antibiotik untuk mencegah infeksi, analgetik untuk meredakan nyeri, serta obat anti inflamasi untuk menekan peradangan. Pasien akan disarankan untuk kontrol dalam waktu 3-7 hari untuk menilai kondisi mulut paska operasi dan menangani masalah yang mungkin timbul. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi terdekat. Dokter terlebih dahulu akan melakukan pemeriksaan fisik dan menganjurkan foto Rontgen panoramik untuk menilai struktur gigi yang impaksi, sebelum akhirnya dapat menentukan penanganan yang terbaik bagi Anda berdasarkan hasil pemeriksaan ini. Artikel berikut ini memuat informasi yang terkait: Ragam masalah gigi geraham bungsu Tentukan waktu yang tepat melakukan operasi gigi bungsu Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    Untuk tindakan operasi, berapa perkiraan biayanya dok? Apakah perlu dilakukan operasi bedah mulut?