Tanya Dokter

  • Obat untuk menghilangkan bruntus pada kulit akibat gigitan nyamuk

  • Dok, tangan saya digigit nyamuk sudah 2 hari yg lalu, dampak yg pertama kali timbul adalah kulit saya memerah dan timbul bruntus. Kulit yang memerah sudah hilang, namun sampai sekarang bruntus pada kulit saya belum hilang. Apa obat untuk menyembuhkannya ya dok ? Dan apakah ini termasuk alergi?

    Halo,   Bruntusan pada kulit bisa jadi disebabkan reaksi peradangan pada kulit dan folikel rambut sehingga menyebabkan kulit terasa kasar. Peradangan yang terjadi bisa timbul akibat dari reaksi gigitan nyamuk dan liur nyamuk pada kulit. Untuk menghilangkan beruntusan yang Anda rasakan Anda bisa mengoleskan pelembab khusus amfibik seperti biocream yang bisa didapatkan di pasaran untuk kulit alergi dan meradang. Atau Anda juga bisa mengoleskan pelembab kulit biasa yang cocok dengan kulit Anda. Beberapa kemungkinan penyebab dari gangguan kulit Anda adalah :

    1. Defisiensi vitamin A.
    2. Folikulitis.
    3. Acne komedonal
    4. Hidraadenitis
    5. Dermatitis
    6. dll.
    Hindari menggaruk bagian kulit yang kasar dan hindari juga memencet atau memanipulasi kulit dengan alat apapun. Jika kulit yang terasa kasar tidak menghilang dalam waktu > 2 minggu atau bertambah luas maka Anda bisa menghubungi dokter kulit untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan seksama. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi