Tanya Dokter

  • Gimana cara menghilangkan rasa gatal cacar air

  •  riyanasw
    Anggota
    Saya Baru 1 hari terkena cacar dan sudah menjalar ke wajah seluruh tubuh bahkan ke bagian rambut ( kulit kepala ) dan rasa gatal sangat tidak bisa dihindarkan di bagian kulit kepala Gimana y solusi ny dokter ? Terimakasih

    Halo, terima kasih sudah bertanya di alodokter.com
    Cacar air merupakan penyakit yang menular yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejala cacar air yaitu demam disertai bintil berair yang bisa menyebar ke seluruh tubuh. Bintil ini bisa terasa gatal, dan akan mengering membentuk keropeng. Pengobatan untuk cacar air yang biasa diberikan dokter adalah dengan pemberian obat antivirus minum (antivirus hanya efektif bila diberikan sebelum 24 jam setelah ruam / bintil muncul), obat penurun demam, antihistamin, pereda nyeri, salep antivirus seperti salep acyclovir, sebenarnya salep antivirus tidak terlalu berpengaruh banyak, bedak gatal, dll.
    Gatal yang merupakan salah satu gejala dari cacar air yang cukup mengganggu terutama saat melenting mulai keluar semakin banyak dan mengering. Walaupun terasa gatal, sebaiknya tidak menggaruknya karena dapat menimbulkan luka sehingga terjadi infeksi bakteri akibat luka serta bekas luka yang sulit hilang. Salah satu penanganan gatal adalah dengan pengobatan golongan antihistamin seperti CTM, loratadine, cetirizine, dan sebagainya atas anjuran dokter. Beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa gatal antara lain:
    • Lakukan kompres dingin pada bagian yang gatal
    • Mandi dengan air dingin atau air biasa bila demam sudah turun
    • Gunakan pakaian yang longgar dan tipis
    • Hindari penggunaan bahan kimia berlebih seperti sabun, parfum, dan sebagainya
    • Gunakan pereda gatal seperti bedak salisil

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu.
    Salam, dr.Sylvia