Tanya Dokter

  • Bagaimana cara menurunkan gula darah?

  • Dok kalo gula darahnya dah sampe 600 tu gmna ia?

    Hai,   Kadar gula Anda yang tinggi memerlukan penanganan segera agar kondisi Anda tidak memburuk dan menimbulkan komplikasi yang tidak diinginkan. Pada kasus gula darah tinggi (Diabetes) maka beberapa pendekatan bisa dilakukan yaitu dengan melakukan : I. Pendekatan pola makan yang sehat dan teratur. Untuk menurunkan kadar gula darah Anda sebaiknya tidak bergantung kepada obat penurun kadar gula. Karena pertolongan terbaik untuk menurunkan kadar gula adalah dengan mengatur asupan makan / gula pada tubuh kita. Anda bisa melakukan beberapa cara yaitu :

    1. Makan porsi kecil terbagi 6 kali dalam sehari yaitu dengan 3 kali makan besar dan 3 kali makan kecil.
    2. Perbanyak sayuran dan buah dalam menu diet Anda.
    3. Hindari makanan berkadar gula tinggi.
    4. Hindari mengkonsumsi > 1 jenis karbohidrat dalam 1 porsi makan. contoh : jika Anda makan nasi maka hindari menu pauk yang menggunakan jagung, tepung (bakwan, gorengan tempe dll), kentang, sagu , ubi, dan singkong .
    5. Pilih menu snack sehat seperti buah, ubi, teh tanpa gula, roti polos tanpa selai yang manis dll.
    6. Atur jarak waktu makan Anda setiap 3 jam sekali berselang seling antara makan besar (nasi, lauk dan pauk) dan makan kecil (snack, juice, buah dll)
    Untuk info yang lebih jelas untuk mengatur kebutuhan kalori Anda maka Anda bisa menghubungi ahli gizi terdekat. II. Pendekatan olahraga / latihan olah tubuh. Olahraga jalan kaki di pagi hari, sepeda statis dengan kecepatan rendah (santai), berenang dianggap merupakan olahraga paling baik pada penderita DM untuk menurunkan kadar gula, menstabilkan kadar gula dan memperbaiki produksi insulin. Lakukan olahraga dengan kontinu, ritmis dan setiap hari. Dengan melakukan diet digabung dengan olahraga maka Anda bisa melihat hasil penurunan gula dengan baik setelah 3-5 hari pengaturan diet dan olahraga. Hindari melakukan olahraga berlebih yang bisa memperburuk kesehatan Anda dan membebani jantung. III. Medikamentosa (obat) Jika kedua langkah pendekatan diatas tidak memberikan efek yang diinginkan dalam menurunkan kadar gula maka pemberian obat penurun gula akn dipertimbangkan untuk diberikan. Beberapa pilihan obat yang bisa diberikan adalah :
    1. Sulfonilurea = glibenclamid, gliclazid, glimepirid dll. Obat ini memiliki efek menurunkan kadar gula sangat cepat dan bertahan lama (24 jam). Dikonsumsi sebelum makan dan harus segera diikuti dengan makan agar tidak timbul efek hipoglikemi yang berbahaya.
    2. Metformin = baik untuk penderita DM yang gemuk agar tidak kehilangan berat badan sevara berlebih. Sangat sering digunakan karena menurunkan kadar gula dengan cepat dan stabil. Dikonsumsi setelah makan karena bisa mengiritasi lambung.
    3. Acarbose
    4. dll
    Pemilihan obat terbaik akan disesuiakan dengan kondisi Anda dan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan dokter kepada Anda. IV. Konsistensi dan niat teguh dalam melakukan pendekatan 1-3 diatas. Baca topik Diabetes. Semoga membantu.   dr. Yusi