Tanya Dokter

  • Gimana penanganan untuk gigi berlubang ?

  •  Azzii Pratama
    Anggota
    Pagi dok,maag ganggu waktu nya,ini dok saya mau tanya,gigi saya berlubang dan sakit pada awalnya,namun lama kelamaan menghilang rasa sakitnya,dan terkadang timbul lagi,dan sekarang gusi saya bengkak di akibatkan gigi berlubang tersebut,bengkaknya udah hampir lebih dari 2 minggu,kalo sakit sih gak terlalu sakit,di sentuh pun gak terlalu sakit,tapi bengkaknya tak kunjung hilang dok,dan jika gigi berlubang saya tadi berbenturan dengan makanan yang keras,sakit dok,nah pertanyaan nya,itubkenapa ya dok dan cara sembubin nya gimana ?? Makasih...

    Hai Azzii,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Gigi yang berlubang memang bisa menjadi jalan untuk timbulnya berbagai penyakit. Bagaimana tidak, saat timbul lubang yang cukup dalam di gigi, pulpa (lapisan terdalam gigi yang mengandung banyak pembuluh darah dan serabut syaraf) akan terekspos ke dunia luar. Karenanya, bakteri yang ada di mulut bisa masuk ke dalamnya sehingga menyebabkan infeksi pada lokasi sekitar gigi (misalnya gusi dan ruang submandibuler) atau bahkan hingga ke tempat yang jauh (misalnya jantung, otak). Di samping itu, karena serabut syaraf pun tidak lagi dilindungi oleh enamel, maka gigi pun akan lebih mudah merasa nyeri, baik saat disentuh, mengunyah makanan, atau pada saat-saat lainnya.

    Pembengkakan di gusi yang Anda alami kemungkinan disebabkan oleh radang gusi (ginggivitis) akibat penyebaran infeksi dari gigi yang berlubang ini. Selain itu, mungkin juga pembengkakan ini terjadi karena:

    • Abses gingiva
    • Karang gigi
    • Efek samping obat
    • Defisiensi vitamin C (skorbut)
    • Merokok, mengunyah sirih
    • HIV/ AIDS, dan sebagainya

    Sebaiknya, mengingat keluhan sudah berlangsung cukup lama, Anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter gigi ya.. Kemungkinan, selain pemeriksaan fisik biasa, dokter pun akan melakukan pemeriksaan rontgen panoramik untuk mengamati kondisi gigi dan jaringan sekitarnya secara menyeluruh. Selanjutnya, dokter bisa menambal atau mencabut gigi yang berlubang, sembari mengatasi bengkak gusinya, misalnya dengan pemberian obat-obatan anti radang, antibiotik, dan sebagainya.

    Sementara itu, Anda bisa kunyah dulu makanan menggunakan sisi gigi yang tidak berlubang dan tidak bengkak gusinya. Minum obat paracetamol untuk membantu mengurangi nyeri dan bengkak. Gosok gigi teratur 3x sehari menggunakan pasta gigi berflouride, berkumur dengan obat kumur antiseptik, perbanyak konsumsi makanan yang kaya vitamin C, dan hindari menusuk-nusuk gigi (misalnya dengan tusuk gigi saat membersihkan sisa makanan). Terakhir, lakukan kontrol teratur kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi terdekat.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah