Tanya Dokter

  • Benjolan bening pada mata

  • Hallo dok, dimata atas saya ada benjolan kecil bening, kalau mengedipkan mata rasanya agak perih. Itu kenapa yaa dok.

    Hai Weni,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Perlu diperjelas sebelumnya, dimana persisnya lokasi benjolan yang Anda maksud? Apakah di mata bagian atas? Di bagian putih atau hitamnya? Atau benjolan justru muncul di atas mata? Bagaimana karakteristik benjolannya? Berapa besar ukurannya?

    Benjolan bening yang muncul di mata bagian atas mungkin disebabkan oleh pinguekula. Kondisi ini sering disebut juga dengan jerawat mata. Proses terbentuknya pinguekula belum diketahui secara pasti. Namun, diduga kondisi ini dipicu oleh paparan sinar UV dan udara kering yang berlebihan yang menyebabkan peradangan dan pertumbuhan berlebihan pada konjungtiva. Saat meradang, pinguekula bisa terasa perih, mengganjal, membuah mata berair, dan memerah.

    Di samping pinguekula, benjolan yang Anda alami mungkin juga disebabkan oleh pterigium, pseudopterigium, tumor, bintitan, Herpes zoster, selulitis preseptal, dan sebagainya.

    Untuk memastikannya, diperlukan inspeksi secara langsung oleh dokter ya.. Tidak cukup diidentifikasi hanya berdasarkan keterangan singkat seperti ini. Sebaiknya, Anda memeriksakan langsung keluhan Anda ke dokter ya.. Jika benar penyebabnya adalah pinguekula, maka penanganan invasif umumnya tidak perlu dilakukankarena kondisi ini tidak berbahaya. Dokter dapat meresepkan beberapa jenis obat tetes mata untuk mengurangi tanda peradangan yang Anda rasakan. Namun, jika keluhan dirasa sangat mengganggu, mungkin juga dokter akan mempertimbangkan untuk melakukan operasi.

    Sebagai langkah awal, sebaiknya jangan mengucek-ngucek mata berlebihan. Hindari mata dari paparan sinar UV, udara kering, asap, debu, dan polusi berlebihan. Untuk mengurangi mata perih, Anda bisa meneteskan obat tetes yang mengandung air mata buatan (artificial tears).

    Semoga membantu.

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah