Tanya Dokter

  • Benjolan pada payudara dan kaitan dengan ginekomastia

  • Sore Dok, saya ingin bertanya. Ayah saya didiagnosa Ginekomast dan sudah dioprasi hari ini. Sebelumnya ayah saya memiliki benjolan di payudara sebelah kanan dan sempat mengeluarkan darah ketika dipencet atau tidak sengaja tertekan. Setelah ayah saya selesai dioprasi, saya ditunjukan jaringan yg telah diambil dr dada ayah saya, tapi dok ketika saya menanyakan apakah keseluruhan jaringan itu sudah diambil atau blum jawaban perawat yg berjaga justru tidak menentu, dan selalu saja mengatakan tidak tahu. Katanya jaringan yg sudah diambil itu akan dikirim ke PA. Apakah ini berarti dokter yg mengoprasi ayah saya curiga ada keganasan atau pengiriman sampel ke PA adalah merupakan suatu prosedur keharusan dok? Mohon penjelasannya karena saya merasa khawatir harus menunggu hasil PA yang katanya 2 minggu lagi. Terima kasih sebelumnya dok

    Halo Andari.....

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, ginekomastia adalah terjadinya peningkatan ukuran payudara pada pria. Peningkatan payudara yang terjadi tidak bersifat kanker dan sebagian besar merupakan kondisi yang bisa membaik dengan sendirinya. 

    Ginekomastia disebabkan oleh ketidakseimbangan antara jumlah hormon estrogen dan testosteron yang diproduksi oleh tubuh. Ketidakseimbangan ini diakibatkan oleh kondisi - kondisi yang berisiko menghalangi produksi hormon testosteron atau justru memicu produksi hormon estrogen secara berlebihan.

    Jika Anda khawatir akan hal ini, maka sebaiknya jangan menanyakan kepada Perawat, tanyakanlah langsung kepada dokter yang telah menangani ayah Anda, sehingga akhirnya segala sesuatunya terang dan jelas.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati