Tanya Dokter

  • Nyeri punggung sebagai tanda ginjal bermasalah

  •  Wilda mawadah
    Anggota
    Selamat malam dokter.. Dok sy wanita berusia 22 tahun.. Saya mau bertanya.. Saya sakit dispepsia.. Bagian perut tengah dada sering ada gumpalan seperti asam lambung naik.. Jika saya duduk terlalu lama..perut bawah saya sakit terutama bagian kiri..kadang di area pusar dan punggung atas saya seperti kram dan tidak nyaman.. Saya sering BAK di pagi hari melebihi 7 kali ketika saya tidak bisa berkeringat..Dengan meminum air sekitar 600 ml..urin banyak..putih bening kadang agak kuning jernih..kadang disertai lendir keputihan bening tdk berbau dan tidak gatal dan tidak sakit.. Apakah sakit dispepsia dapat menjalar ke punggung.. Apakah BAK sering dan punggung sakit ada indikasi batu ginjal.. Saya bulan lalu sakit isk.. Sebelum sakut dispepsia.. Dan sudah melakukan tes urin dan darah 3 kali semua sudah normal.. Apakah saya perlu usg untuk dapat diketahui masalah ginjal dan lambung saya.. Atau apakah rontgen atau ct scan dokter.. Dan dimanakah letak sakit punggung sbg tanda bahwa itu bermasalah pada ginjal.. Mohon jawabannya terima kasih

    Hai,

    Dispepsia adalah istilah medis yang dipakai secara umum untuk menggambarkan keluhan nyeri ulu hati, mual dan kembung. Dispepsia sering berkaitan dengan masalah lambung, misalnya gastritis, tukak lambung dan penyakit asam lambung, meskipun bisa juga disebabkan oleh penyakit organ lain, seperti batu empedu, infeksi paru bagian bawah, penyakit jantung, pankreatitis dan radang usus. Nyeri akibat organ-organ ini dapat menyebabkan nyeri alih, yang bisa dirasakan juga di punggung.

    Nyeri punggung sendiri bisa disebabkan oleh ketegangan otot, pengapuran sendi tulang belakang, saraf terjepit atau penyakit tulang belakang (mis. TBC tulang belakang, sebaran anak tumor ke tulang belakang), meskipun juga bisa disebabkan oleh nyeri organ dalam, seperti ginjal, ovarium dan saluran cerna.

    Sering BAK (dengan latar sering minum, BAK bening) justru dapat mencegah batu ginjal dan infeksi, asalkan BAK tidak ditahan. Untuk memastikan penyebab nyeri punggung Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Mungkin diperlukan pemeriksaan foto Roentgen untuk menunjang diagnosis. Jika nyeri punggung telah berlangsung lebih dari 4 minggu, kemungkinan diperlukan pemeriksaan lebih mendalam oleh Dokter Ahli Saraf / Ortopedi, dibarengi dengan pemeriksaan MRI tulang belakang untuk menunjang diagnosis. Konsultasikanlah dulu ke Dokter Anda apakah Anda memerlukan pemeriksaan tersebut.

    Tips berikut mungkin membantu:

    • Kompres hangat punggung dapat membantu meredakan nyeri
    • Perhatikan dan perbaiki posisi duduk Anda
    • Hindari makanan pedas, asam, terlalu berminyak, kopi, soda dan alkohol -- semuanya dapat memicu produksi asam lambung berlebih yang mungkin mendasari keluhan Anda
    • Hindari mengenakan sepatu hak tinggi, tas selempang atau beban pada satu sisi
    • Minum parasetamol jika nyeri amat mengganggu

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma