Tanya Dokter

  • Minum air kelapa hijau pada penderita batu ginjal dan ISK

  • selamat pagi dok..Saya mau tanya kalau minum air kelapa hijau untuk penderita batu ginjal, isk, hidronefrosis boleh gag dok?

    Hai Nadiera,

    Air kelapa dikenal baik dan membawa banyak manfaat bagi tubuh. Mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, dapat mengganti cairan tubuh yang hilang, serta mengandung sedikit kalori sebagai sumber energi.

    Tentu pemakaiannnya harus disesuaikan dengan kebutuhan seseorang. Pada penderita batu ginjal, dan infeksi saluran kemih, yang tidak berkomplikasi, minum air kelapa tidaklah berbahaya. Tetapi pada kondisi hidronefrosis, yaitu dimana ginjal membengkak akibat penumpukan urine yang tidak dapat dikeluarkan sempurna, maka minum air kelapa, dan jenis cairan lainnya akan dibatasi dan disesuaikan oleh dokter Anda, sambil hidronefrosis ini ditangani lebih lanjut.

    Jika yang Anda maksudkan adalah pederita batu ginjal yang sudah jatuh pada kondisi hidronefrosis dan disertai adanya infeksi saluran kemih, maka pemberian air kelapa sebaiknya dibatasi, atau didiskusikan dahulu dengan dokter yang merawatnya.

    Saran kami:

    • Tangani penyakit yang ada terlebih dahulu. Setelah itu jika Anda menyukai atau ingin minum air kelapa hijau, Anda dapat mendiskusikannya kembali dengan dokter
    • Jaga kebersihan organ reproduksi /organ intim Anda, menghindari adanya infeksi saluran kemih berulang
    • Hindari menahan nahan BAK
    • Penderita Hipertensi, Gangguan ginjal, dan pra/paska operasi, sebaiknya menunda dahulu minum air kelapa ini.

    Demikian, semoga dapat membantu