Tanya Dokter

  • Sering buang air kecil dan nyeri pinggang sebelah kiri

  •  Falen Wane
    Anggota
    Selamat siang dok, saya merasakan sering buang air kecil tapi sedikit sekali.. dan saya merasakan nyeri di pinggang sebelah kiri... itu gejala apa ya dok ?? Terima kasih sebelumnya...

    Halo Falen......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang anda alami dengan keluhan utama berupa seringnya buang air kecil yang sedikit - sedikit, disertai dengan nyeri pinggang, paling sering disebabkan oleh karena infeksi ginjal.

    Infeksi ginjal atau yang dalam bahasa medis disebut sebagai pieloNefritis terjadi oleh karena berpindahnya bakteri dari kandung kemih ke ginjal, yang umumnya hal ini merupakan komplikasi dari infeksi saluran kemih.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : infeksi saluran kemih, kandung kemih yang terlalu aktif, batu ginjal, gangguan pada prostat (  khususnya pada pria ), peradangan pada dinding usus besar, dan lain sebagainya.

    Jika sampai saat ini kondisi yang Anda alami masih saja dirasakan dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit dalam terlebih dahulu, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut.

    Beberapa pemeriksaan yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter terkait masalah yang Anda alami, diantaranya meliputi : pemeriksaan fisik, tes darah, tes urin, USG, dll., sehingga akhirnya penanganan yang tepat dapat berikan sesuai dengan penyebab pasti yang nantinya diketahui.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati