Tanya Dokter

  • Penyebab nilai kreatinin tinggi

  •  Dio Sarmawan
    Anggota
    malam dok, numpang tanya td barusan ambil hasil darah dr rs, dan hasilnya kreatinin serum tinggi 3.1 sedangkan bun normal 24 dan albumin kalium natrium semua normal, pertanyaan saya apakah ada mslah dgn ginjal saya tp knp hanya nilai kreatinin saja yg tinggi? tambahan saya hobby gym dan mengkonsumsi susu dan suplement untuk gym apakah itu berpengaruh? trims atas jwbannya salam sehat
    Dio Sarmawan  Dio Sarmawan
    Anggota
    siang dok mohon jawabannya donk dok

    Halo Dio Sarmawan

    Terimakasih telah bertanya di Alodokter.

    Pemeriksaan darah berupa pemeriksaan ureum, kreatinin dan bun (blood urea nitrogen) merupakan pemeriksaan untuk mengetahui fungsi ginjal. Untuk memastikan apakah terdapat masalah pada fungsi ginjal harus juga berdasarkan pemeriksaan fisik yang telah dilakukan oleh dokter Anda. Kreatinin merupakan slaaha satu indikator apakah ginjal dapat berfungsi dengan baik atau tidak. 

    Peningkatan kreatinin bisa disebabkan karena beberapa hal antara lain kerusakan otot akibat cedera pada olahraga yang berat, makan daging yang berlebihan, gangguan pada fungsi kelenjar tiroid (hipotiroid), serta penggunaan suplemen yang mengandung creatine.

    Untuk memastikan apakah fungsi ginjal Anda masih baik atau tidak sebaiknya periksakan lebih lanjut di dokter untuk dilakukan beberapa pemeriksaan lainnya seperti pemeriksaan laju filtrasi ginjal, USG ginjal, pemeriksaan urin dan lainnya. 

    Penanganan yang dapat Anda lakukan untuk sementara untuk menurunkan kadar kreatinin yaitu dengan mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari, hindari produk suplemen atau obat yang mengandung creatine, Anda bisa mengganti dengan susu protein, kurangi asupan daging merah, isitirahat yang cukup serta hindari melakukan olahraga yang berlebihan.

    Penggunaan dan efek samping creatine

    Semoga bermanfaat, dr. Asri