Tanya Dokter

  • Hubungan antara hidronefrosis dengan kista ginjal

  •  rizaumayah
    Anggota
    Dok, saya mau tanya. Bagaimana hubungan antara hidronefrosis dengan kista ginjal? Diantara keduanya, mana yg lebih dulu terjadi? Apakah kista ginjal disebabkan oleh hidronefrosis? Atau justru kista ginjal yang menyebabkan hidronefrosis. Terimakasih dokter

    Halo Rizaumayah, 

    Hidronefrosis adalah pembengkakan ginjal yang terjadi akibat sumbatan (obstruksi) dari saluran kemih. Banyak hal yang dapat menyebabkan hidronefrosis, diantaranya adalah batu ginjal, batu ureter, penyempitan ureter, hiperplasia prostat, dan gangguan-gangguan lain yang menyebabkan urin tidak mengalir dengan baik dalam waktu yang lama. 

    Kista ginjal adalah kantung/massa (sejenis tumor jinak) yang berisi cairan yang terdapat di ginjal. Kemunculannya tidak diketahui sebabnya, umumnya muncul pada pria do atas 50 tahun. Biasanya tidak berbahaya, namun bisa juga menandakan suatu penyakit yang serius, dan bisa menyebabkan komplikasi diantaranya adalah sumbatan saluran kemih/obstruksi yang akhirnya menyebabkan hidronefrosis. Komplikasi lainnya ialah kista bisa pecah ataupun terinfeksi, yang menyebabkan nyeri daerah pinggang serta demam. Jadi, umumnya kista terlebih dahulu yang terjadi baru terjadi hidronefrosis. Tetapi tentunya setiap kasus tidak sama, perlu evaluasi lebih lanjut untuk menentukannya. 

    Semoga membantu ya, 

    dr. Mega