Tanya Dokter

  • Ciri-ciri dan proses penyembuhan penyakit ginjal serta kista

  • Pagi dok jika seseorang memiliki penyakit ginjal dan kista itu ciri cirinya gimana y dok, dan bysanya langkah apa yg di lakukan untuk penyembuhan apa bner jalan satu2 nya untuk di oprasi ? .

    Terimakasih telah bertanya di alodokter.com

    Ginjal merupakan organ yang sangat vital bagi tubuh. Ginjal terletak di daerah pinggang dan setiap orang normal memiliki 2 buah ginjal kiri dan kakan. Ginjal memiliki fungsi sebagai filter darah, yaitu menyaring darah dari sisa metabolisme tubuh dan dikeluarkan sebagai zat sisa melalui air kencing. Selain itu ginjal juga berfungsi dalam mengatur keseimbangan tekanan darah dan juga dalam menghasilkan hormon yang mengatur pembentukan sel darah merah.

    Gangguan ginjal biasanya bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari infeksi, ataupun karena adanya batu ginjal. Gangguannya pun ada yang bersifat akut atau sementara, dan ada yg bersifat kronis atau permanen. Gejala yang muncul pun berbeda beda sesuai dengan penyebab. mulai dari nyeri pada pinggang, gangguan darah, hingga tidak bisa kencing. 

    Sedangkan untuk kista, tergantung di mana lokasi kista tersebut. Kista itu berupa tumor, bisa jinak ataupun ganas. Gejalanya biasanya berupa nyeri tekan, muncul benjolan yang tidak biasa, hingga gangguan menstruasi.

    Baik gangguan ginjal ataupun kista, harus dipastikan dulu dengan pemeriksaan dokter. Dokter akan memeriksa secara langsung dengan seksama, pemeriksaan fisik, dan bila perlu akan dilakukan pemeriksaan penunjang seperti usg, dan pemeriksaan darah lengkap. 

    Untuk penanganannya, tergantung dari apa penyebabnya, bisa dengan obat, ataupun dengan operasi pembedahan, jika memang kista atau batu ginjalnya besar. Oleh karena itu saya sarankan anda periksakan diri ke dokter untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

    Untuk menjaga kesehatan ginjal beberapa tips yang bisa anda lakukan,

    1. Cukupi kebutuhan air, minimal 8 gelas perhari

    2. Jangan suka menahan kencing,

    3. Hindari konsumsi minuman alkohol dan rokok

    4. Tetap jaga kebugaran tubuh dengan olahraga teratur. 

    Semoga bermanfaat. dr. Previyanti.