Tanya Dokter

  • pangkal kuku berwarna biru dan tidak ada bulan sabit

  •  Egi
    Anggota

    Hi dok... Sy egi 18 thun sy mau nanya ni dok. Knpa y dok pngkal kuku saya brwarna biru dok? Kemudian tidak ada blan sabitnya dok. Blan sbitnya cuman ada dijempol doang dok. Jdi dok, apkah itu gjala suatu pnyakit dok?

    Halo Egi....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Jika kita fokuskan kepada kondisi bulan sabit pada kuku atau yang dalam bahasa medis disebut lunula Anda yang tidak ada atau absen, maka hal ini dapat menjadi suatu pertanda adanya gangguan kesehatan. Lunula sendiri merupakan bagian dari akar kuku yang berfungsi sebagai pertumbuhan kuku, jika kuku tercabut maka lunula pun biasanya masih tetap ada. Lunula yang tidak ada biasanya menandakan adanya anemia ataupun malnutrisi. Sedangkan lunula yang berwarna biru pucat dapat mengindikasikan adanya penyakit diabetes melitus. Akan tetapi perlu Anda ingat, bahwa tanda - tanda diatas bukanlah patokan untuk mendiagnosis dengan pasti seseorang. Oleh karena itu kami sangat menyarankan kepada Anda untuk menemui Dokter Spesialis Penyakit Dalam agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga pengobatan yang tepat dapat diberikan. Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda : PENYAKIT KUKU Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati

    Egi  Egi
    Anggota

    Tpi dok selain kuku sya pngkalnya yg biru, kaki saya jg trasa panas yg sbelah kanan dok. dan air kencing sy baunya tak sedap akhir2 ini dok. Apa mngkin sy sdah terkena diabetes melitus dok? Mhon pnjelasannya dok??