Tanya Dokter

  • Glaukoma

  •  facici
    Anggota
    Halo dok.. Ibu saya menderita katarak sejak lahir..mata kanannya glaukoma dan yang kiri katarak.. ibu saya sudah di operasi sekitar 1th yg lalu.. tp kenapa setiap makan kacang,telur,atau ayam selalu terasa sakit di matanya? Dan ibu saya masih minum obat sampai sekarang.. jika tidak minum beliau kesakitan.. ada obat yang bernama 'glaucon' yang ketika ibu saya meminumnya seluruh tubuhnya bergetar dan terasa ingin pingsan tapi obat itu bisa meringankan rasa nyeri di matanya..apa memang efeknya seperti itu dok? dan mohon saran untuk kelanjutan penanganannya dok.. terimakasih dokter..😊

    Halo Facici,

    Pada sebagian orang, jenis makanan tertentu dapat mencetuskan glaukoma yang sudah ada, dan menimbulkan nyeri pada mata penderitanya. Anda dapat membaca artikel berikut untuk mengetahui makanan apa saja yang dapat memperburuk kondisi penderita glaukoma: makanan yang harus dihindari penderita glaukoma.

    Untuk itu, jika memang ada riwayat nyeri pada mata akibat makanan trsebut, selanjutnya  sebaiknya jenis makanan tersebut dihindari saja.

    Obat glaucon sendiri, merupakan obat untuk penderita glaukoma dengan kandungan epinefrin ophtalmik, yang bekerja dengan cara mengurangi jumlah cairan mata, sehingga tekanan dalam bola mata tidak terlalu tinggi, atau dalam batas normal.

    Efek samping obat glaucon ini:

    • Penglihatan kabur, terganggu
    • Gangguan irama jantung, berdebar debar, ekstrasistol 
    • Hipertensi
    • Sakit kepala
    • Gemetaran
    • Keringatan
    • Pucat
    • Sampai dengan pingsan
    • Kerusakan kornea juga dapat terjadi pada pemakaian lama

    Jika Ibu Anda kemudian mengalami efek samping tersebut di atas, Anda dan ibu Anda dapat mendiskusikan pemakaian obat ini kembali dengan dokter mata, untuk melihat apakah ada pilihan lain yang lebih sesuai dan cocok untuk kondisi mata ibu Anda.

    Saran kami, saat sedang mengalami kondisi terasa ingin pingsan, serta tubuh yang bergetar, sebaiknya Ibu Anda langsung dalam posisi beristirahat setelah memakai obat tetes tersebut.

    Pastikan juga untuk tidak memakainya berlebihan, sesuaikan dengan dosis yang diberikan oleh dokter mata Ibu Anda.

    Demikian penjelasannya, semoga bermanfaat.