Tanya Dokter

  • Pengertian cupping pada mata

  •  abdul gofur
    Anggota

    asalamualaikum, dok, aku habis operasi trabelectomy, mata kanan dan kri setelah operasi tekanannya 10 mmhg kiri 12 mmhg kanan, terus sama dokter di kasih obat tetes lebih dari 1 macem obat ada -Floxa ofloxacin cendo -p-pred cendo -timol 0,5 buat yng kanan -mycos sendo kata dokter saya glaukomanya bisa jadi karna komplikasi radang ya dok ? sempat mata kanan di belakang retina ada pendarahan dan di usg mata kanan syarafnya udan pada lepas.

    dok aku cuma pengen tanya mata kanan aku udah buta permanen apa masih bisa ada harapan buat ngliat lagi trus kena ya dok tekanan bola mata kanan aku stlah 4 minghu kontrol tekanannya naik jadi 24mmhg ?

    sama saya pengen tau apa maksud omongan dokter mata kanan saya cuping ?.. trimakasih

    Hai, "Cupping" adalah bertambahnya rasio cup : disc di saraf mata Anda. Rasio ini bisa diukur dengan pemeriksaan funduskopi (peneropongan ke dalam mata) secara manual atau otomatis dengan komputer. Normalnya rasio ini berkisar antara 0,2 - 0,3, namun pada glaukoma yang sudah menahun, rasio ini bisa bertambah sampai 0,8 sehingga disebut sebagai "cupping" yang berarti telah terjadi kerusakan saraf mata. Kerusakan saraf mata akan menyebabkan ganggguan penglihatan, mulai dari gangguan lapang pandang pinggir sampai kebutaan. Hingga saat ini, gangguan penglihatan akibat kerusakan saraf mata belum bisa diobati, sehingga hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menjaga tekanan bola mata agar tetap stabil. Tekanan bola mata dapat dijaga stabil melalui 2 cara, yaitu pengukuran rutin dan pengobatan teratur. Kedua cara ini bisa tercapai melalui kontrol teratur oleh pasien yang bersangkutan. Salah satu penyebab glaukoma juga adalah peradangan, yaitu peradangan iris (selaput pelangi mata). Peradangan ini bisa menyumbat saluran pembuangan aqueous humour (cairan yang berperan dalam tekanan bola mata), sehingga bisa memicu glaukoma. Adanya benturan pada mata yang menyebabkan perdarahan di bilik mata depan juga bisa menyebabkan glaukoma karena darah-darah ini bisa menyumbat saluran pembuangan juga. Dengan operasi trabeculectomy (yaitu "membobol" saluran pembuangan ini), diharapkan tekanan bola mata bisa kembali turun. Setelah operasi pun masih perlu terus dikontrol karena tekanan sewaktu-waktu bisa kembali (karena berbagai faktor, seperti peningkatan produksi aqueous humour atau berkurangnya pembuangan aqueous humour). Sekian, mudah-mudahan cukup jelas dan bermanfaat. dr. Radius Kusuma