Tanya Dokter

  • Pengobatan terbaik untuk glaukoma

  •  faury
    Anggota

    hallo dokter,,perkenalkan saya faury,saya mempunyai sahabat penderita glukoma,,yg mana setelah melakukan medical chekup Serta tindakan operasi pd mata,hasilnya mata sebelah kiri sudah tdk dpat melihat lg,yg mau saya tanyakan apa jenis pengobatan terbaik unk penderita glukoma? dan seberapa besar kemungkinan untuk sembuh? apakah benar ada kemungkinan tertular kepada keturunannya nanti...mhon penjelasannya dok..terima kasih..

    Halo,   Hasil pengobatan glaukoma akan dipengaruhi oleh kerusakan saraf mata saat awal pemeriksaan. Glaukoma adalah penyakit mata yang mengambil penglihatan secara perlahan (glaukoma kronis) sehingga terkadang seseorang tidak menyadarinya sampai sudah terlambat untuk melakukan penyelamatan akan saraf mata. Kondisi yang dialami teman Anda perlu ditanyakan langsung kepada pasien atau dokter mata yang menanganinya. Karena merekalah yang paling tahu akan kondisi mata mereka saat awal terapi. Semua pengobatan glaukoma adalah baik dan bisa memberikan hasil yang baik jika pengobatan dilakuakn pada masa awal. Beberapa jenis pengobatan glukoma antara lain adalah :

    1. Obat tetes mata.
    2. Obat minum
    3. Operasi
    4. Laser.
    Pemilihan terapi tentunya akan ditentukan kondisi pasien dan keparahan penyakit. Jika pengobatan dengan obat tetes dan obat minum tidak memberikan efek optimal maka tindakan laser atau operasi akan dipilih untuk membantu menurunkan tekanan dalam bola mata yang merusak saraf tersebut. Dengan turunnya tekanan maka saraf tidak bertambah rusak dan fungsi penglihatan yang tersisa bisa diselamatkan dari kebutaan total. Glaukoma bukanlah penyakit keturunan sehingga tidak akan diturunkan kepada anak. Baca topik Glaukoma. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi.