Tanya Dokter

  • Bagaimana cara mengobati keputihan

  •  Devi Arimbi
    Anggota

    Hai dok. Nama saya devi, saya mengalami keputihan sejak awal haid. Namun stelah menikah, keputihan saya tambah parah. Berlendir putih dan bau tidak sedap. Saya takut itu berdampak pada hubungan kami. Gmana cara mengatasinya dok ?

    Devi Arimbi  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Devi, Keputihan dapat merupakan keputihan yang normal / fisiologis maupun tidak normal / patologis. Secara umum, jika keputihan yang muncul bewarna kuning/hijau/kemerahan/kecoklatan/kelabu, seperti susu pecah, berbau tidak sedap / busuk/ amis, nyeri, gatal, panas umumnya menandakan keputihan yang patologis. Keputihan yang tidak normal dapat disebabkan oleh :

    • Bakterial vaginosis : umumnya karena gangguan flora normal vagina, sehingga bakteri gardnella tumbuh tak terkendali, seringkali terjadi pada pasien yang menggunakan pembersih vagina terlalu sering. Umumnya bewarna kelabu dan berbau amis
    • Infeksi jamur/candidiasis vagina, umumnya bewarna kekuningan atau seperti susu pecah, gatal / panas.
    • infeksi parasit/ trikomonas , seringkali bewarna kuning kehijauan, sangat gatal, ndapat terasa panas dan nyeri, berbau tidak enak, berbuih
    • Infeksi herpes : umumnya disertai luka2 seperti sariawan
    • IMS/infeksi menular seksual :GO / gonorrea, klamidia, sering disertai nyeri berkemih
    • Keganasan
    Saya sarankan anda berkonsultasi dengan dokter, khususnya spesialis kandungan untuk masalah ini. Perlu dicatat bahwa penyebab seringkali tidak tunggal tetapi campuran antara lebih dari 1 agen (misal BV dan candidiasis vagina terjadi bersamaan). Perlu wawancara dan pemreiksaan fisik secara langsung dan jika diperliukan mungkin akan dilakukan pemeriksaan mikrobiologi / mengambil sampel keputihan dan diperiksa di lab/dengan mikroskop untuk mencari agen penyebab. Pengobatannya berbeda-beda tergantung poenyebabnya. keputihan tanda ketidaknormalan cairan vagina kesehatan dan kebersihan organ intim IMS diskusi mengenai keputihan dan tips yang harus dilakukan di rumah demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.