Tanya Dokter

  • BAK masih sakit walau sudah minum obat gonore

  •  Lucky
    Anggota

    Stlh brobat dan diberikan antibiotik oleh dokter, rasa nyeri hilang , tapi saat BAK msh terasa sakit tapi ga sesakit sblum brobat, nanah msh keluar tpi tdk sering, Itu petanda apa dok ? Mohon pencerahannya dok

    Lucky  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Lucky, Artinya GO yang dialami belum sembuh. Sebaiknya kontrol kembali  ke dokter yang menangani.Karena jika infeksi GO dibiarkan dapat menyebabkan komplikasi sepeti misalnya striktur/penyempitan saluran kencing, dan infeksi pada saluran sperma serta testis. Jika terjadi kasus seperti ini perlu dievaluasi beberapa hal :

    • Apakah dosis yang diberikan sudah tepat
    • Apakah jenis antibiotika yang diberikan sudah sesuai standar dan kombinasi (untuk membersihkan infeksi klamidia yang hampir selalu menyertai GO). Jika belum sesuai maka sebaiknya pengobatan diulang dengan menggunakan antibitoka yang seharusnya, yakni injeksi/suntikan sefalosporin generasi III tertentu dengan pemberian oral antibiotika makrolida tertentu. Jika sudah sesuai dan masih tidak sembuh artinya kamungkinan kuman resisten/kebal sehingga perlu diambil sampel untuk diperiksa secara mikrobiologi dan dilakukan kultur dan tes sensitivitas terhadap antibiotik untuk menentukan antibiotika yang palin sesuai
    • Apakah pasangan seksual sudah diobati? pada wanita GO sering tidak bergejala. Jika tidak diobati, maka akan terjadifenomena ping-pong dimana GO akan saling tular menular tidak ada habisnya.
    GOnore demikian yag dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.

    Lucky  Lucky
    Anggota

    Saat ini gejala gonore mulai membaik hanya saja ketika mau BAK rasanya sampe ke ulu hati tapi tidak sakit sprti anyang anyangan saja, kedua saat ereksi terasa sakit. Apakah sy sdh mau sembuh atau gmn dok ? Balas ya dok :)