Tanya Dokter

  • Waktu penyembuhan gonore

  •  Robin
    Anggota

    Halo dok selamat siang, dok saya mau tanya seputar gonore. Saya pria 25th, saya terkena gonore kurang lebih sudah 8 minggu dan saya sudah menjalani pengobatan selama 7 minggu. Awal minggu pertama nanah langsung berhenti keluar sampai sekarang dan minggu ke 2 spt ada bengkak kecil d bagian bawah sebelah kanan bagian penis dok, dan sampai sekarang blm ada perubahan lagi yang terjadi dok. sya minum obat selalu tepat waktu tiap 12 jam sesuai saran dokter dan selama pengobata sya tidak berhubungan sex ataupun oral sex sesuai saran dari dokter tempat sya berobat.

    Saya tidak di suntik tapi diberikan obat oral selama 7 minggu di minggu pertama sampai minggu ke 4 sya diberikan 2 jenis antibiotik & 1 jenis vitamin. Minggu ke 4 sampai minggu ke 6 sya di berikan 2 jenis antibiotik, 1 jenis diberikan 4 kapsul skali minum, dan 1 jenis kapsul di minum tiap 12jam. Minggu ke 6 sampai dengan sekarang saya diberikan 1 jenis antibiotik <span style="line-height: 1.5;">4 kapsul skali minum, dan 2 jenis kapsul di minum tiap 12jam.

    Dari kasus sya spt diatas, apakah pengobatan yang saya jalani sudah benar? Apakah saya harus ganti dokter agar dapat dengan cepat sembuh? Dan masa kesembuhan gonore ini berapa lama? Bagaimana saran dari dokter mengenai kasus spt sya ini?

    Trimakasih dok,</span>

    Robin  Robin
    Anggota

    Dok mohon respon'a, sya bener2 bingung hrs bgaimana..apakah yg sya lakukan sudah benar atau belum..

    Robin  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Robin, Gonore / Go merupakan suatu infeksi menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri nesseria gonore. Gejala utamanya adalah kencing nanah. Sehingga sampai anda sembuh total, maak anda tidak boleh melakukan hubungan seksual karena akan menularkannya. Serta pasangan seks andapun harus diobati untuk mencegah penularan ulang. Biasanya pengobatan GO dapaat dilakukan dengan pemberian antibiotika kombinasi, 1 untuk membunuh kuman GO-nya dan 1 lagi untuk membunuh klamidia yang hampir selalu menyertai infeksi GO tersebut. Pada saat ini tidak semua antibiotika dapat digunakan untuk menangani GO karena resistensi/kekebalan terhadap beberapa jenis antibiotik yang telah berkembang luas. Terdapat beberapa cara, ada yang diberikan dengan suntikan/oral secara dosis tunggal (sekali saja), ada pula yang diberikan sampai 1 minggu (untuk membunuh klamidianya. Biasanya jika responsif, perbaikan / kesembuhan sudah tampak dalam beberapa hari-1 minggu. Pilihan utama pada kasus GO adalah :

    • Suntikan antibiotika golongan sefalosporin generasi ke III tertentu (alternatifnya dapat antibiotik seflosporin generasi III, atau kuinolon tertentu oral atau suntikan aminoglikosida tertentu) dosis tunggal. Akan tetapi yang diberikan secara suntikan lebih dipilih karena angka keberhasilannya paling tinggi.
    • Dikombinasikan dengan pemberian antibiotika golongan makrolida tertentu dosis tunggal (paling baik) atau sebagai alternatifnya diberikan antibiotika lain seperti doksisiklin a selama seminggu.
    • Kenapa tertentu? karena meski dari golongan yang sama, banyak antibiotikan dalam golongan tersebut yang resisten sehingga tidak semuanya efektif dalam mengobati GO.
    Untuk kasus anda, sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter, khususnya spesialis kulit dan kelamin. Pertama, tetntunya untuk mengevaluasi ulang apakah anda benar-benar terkena GO. Kedua, saya tdak tahu antibiotika apa yang diberikan pada anda, akan tetapi jika ternyata antibotika yang diberikan tidak sesuai baik dalam hal jenis , dosis, ataupun cara pemberiannya maka perlu segera diberikan antibiotika dengan regimen yang sesuai. Jika sudah sesuai, tetapi tidak sembuh, maka sebaiknya harus menjalani kultur dan uji sensitivitas terhadap antibiotika untuk memastikan antibiotik apa yang sesuai untuk penyakit tersebut, atau prosedur lain sesuai saran dari dokter spesialis kulit dan kelamin anda. gonore demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.  

    Robin  Robin
    Anggota

    Trima kasih dok buat response'a, ini sngat berguna buat sya.. Dokter tmpat sya berobat it memang dokter kulit kelamin, tetapi di klinik rumahan bkn RS.. bagaimana saran dari dokter rico, apakah sya harus ke RS dok utk hal ini? sampai hari ini sya blm juga sembuh total dok, wlpn sdh tidak ada nanah lg.. tp msh ada spt luka kecil di bibir P sya bagian dalam dan ada bengkak kecil di bagian kanan bawah tepat di bwah kepala P. Apakah sya harus minta di suntik juga dok ke dokter yg bersangkutan? Trima Kasih,

    Robin  Robin
    Anggota

    dok, mohon respon'a sya butuh skali informasi ini.. Trims

    Robin  Arie Mulled
    Anggota

    Robin boleha dong saya berobat di tempat kamu berobat ?