Tanya Dokter

  • gonore yang kambuh

  •  Ridho Iriawan
    Anggota

    Saya sudah berobat ke dokter umum dan di suntik 2 kali dan di beri obat Setelah itu alat kelamin saya sudah tidak mengeluarkan nanah, tapi selang 1 minggu alat kelamin saya mengeluarkan nanah lagi, apakah penyakit gonore tidak bisa di sembuhkan dok saya sudah putus asa dengan penyakit yang saya derita.

    Ridho Iriawan  dr. Rico N
    Dokter

    Hai Ridho, Gonore atau kencing nanah merupakan penyakit menular seksual yang diakibatkan oleh kuman gonore. Penularannya melalui hubungan seksual dengan seorang penderita gonore, baik melalui hubungan oral, anal, maupun genital. Berikut adalah artikel dan diskusi mengenai gonore Gonore dapat disembuhkan dan dapat kembali menginfeksi! Pengobatan gonore biasanya melalui pemberian antibiotik, baik berupa suntikan dosis tunggal dan/ atau obat tablet yang diminum selama minimal 7 hari. Meskipun gejala kencing nanah sudah berkurang atau menyembuh sebelum antibiotik habis, antibiotik harus terus dilanjutkan sesuai dengan instruksi dokter (minimal 7 hari). Untuk mencegah terinfeksi kembali, maka sangat disarankan :

    • tidak melakukan hubungan seksual hingga pengobatan tuntas,
    • karena merupakan penyakit menular seksual, maka pasangan harus dibawa untuk berobat meskipun tidak mengeluhkan gejala apapun (perlu diketahui bahwa gonore pada wanita sering kali tidak menumbulkan keluhan)
    • lakukan hubungan seksual yang sehat dan aman, yaitu : hindari hubungan seksual pra-nikah dan hindari berganti-ganti pasangan
    Infeksi gonore dinyatakan sembuh apabila :
    • tanda klinis : tidak terdapat gejala (kencing nanah, gatal/ panas/ nyeri pada saluran kemih)
    • laboratorium : cairan dari urethra (saluran kemih) tidak menunjukkan kuman gonore maupun sel darah putih
    Karena Anda mengalami kekambuhan, segera periksakan diri ke dokter umum/ dokter spesialis kulit terdekat untuk segera mendapat pengobatan yang tepat Demikian, semoga bermanfaat dr. Rico Novyanto