Tanya Dokter

  • Gonore non Seks

  • Hi Dokter, Saya pemuda berusia 29 tahun yg blm pernah melakukan hubungan seksual. Apakah mgkn gonore ditularkan tanpa hubungan seks? Karena dr hasil lab, dokter vonis bahwa sy gonore laten dan tdk ada gejala sama sekali dr sy. Hasil lab sy : Batang gram positif (+) Batang gram negatif (+) Coccus gram negatif (+) Coccus gram positif (-) Epitel 0-2 Leukosit 0-1 Jamur mikroskopis (-) Trichomonas mikroskopis (-) Mohon pencerahan dr dokter. Apakah ada penyakit lain selain Gonore krn bakteri di atas? Terima kasih sebelumnya

    Hallo dani.aniel@gmail.com

    Terimakasih atas pertanyaan anda

    Pada hasil pemeriksaan anda didapatkan bahwa hasil pemeriksaan menunjukkan gambaran coccus gram negatif, dimana gambaran ini menunjukkan adanya infeksi dari bakteri pada saluran kemih atau organ reproduksi anda oleh bakteri coccus gram negatif. Salah satu bakteri coccus gram negatif adalah bakteri Neisseria dan yang paling sering menginfeksi saluran kemih atau organ kelamin adalah Neiserria Gonorrhoeae yang merupakan penyebab penyakit Gonorea. Gonore paling sering menular melalui hubungan seks, seperti seks oral atau anal, mainan seks yang terkontaminasi atau tidak dilapisi dengan kondom baru tiap digunakan, dan berhubungan seks tanpa menggunakan kondom. Bayi juga bisa terinfeksi saat proses kelahiran jika ibunya mengidap penyakit gonore dan umumnya menjangkiti mata bayi, hingga berpotensi mengakibatkan kebutaan permanen. Bakteri gonore tidak bisa bertahan hidup di luar tubuh manusia untuk waktu yang lama, itu sebabnya gonore tidak menular melalui dudukan toilet, peralatan makan, berbagi handuk, kolam renang, berbagi gelas, ciuman, dan pelukan. Sehingga sangat kecil kemungkinan seseorang mengalami infeksi gonorea tanpa melakukan hubungan seksual. Mengenai ketentuan diagnosa dari gonorea, bisa melalui dua cara, yaitu presumptif (dugaan) atau diagnosa pasti dari gonorea. Untuk diagnosa pasti gonorea adalah ditemukannya kuman N.gonorrhoeae pada daerah yang terinfeksi melalui pemeriksaan mikroskopik pada saat proses kultur (pembiakan) bakteri tersebut. Sedangkan diduga mengalami gonorea jika didapatkan adanya bakteri diplococcus gram negatif (seperti gambaran biji kopi) pada hasil pemeriksaan lendir dari kemaluan anda di bawah mikroskop. Jadi saran saya, anda bisa melakukan kultur bakteri untuk secara pasti mengetahui infeksi gonorea tersebut. Apabila sudah pasti ada infeksi gonorea, maka anda harus mendapatkan pengobatan antibiotik yang sesuai dengan saran dari dokter yang memeriksa anda.

    Hasil lab anda juga menunjukkan adanya hasil lain berupa infeksi bakteri lain, sehingga memang harus mendapatkan pengobatan juga untuk infeksi bakteri ini.

    Semoga jawaban ini membantu anda.

    dr. Aldy Valentino