Tanya Dokter

  • Cara menurunkan gula darah yang tinggi

  • dok saya mau nanya nih,,saya sekarang usia 20..sebulan yang lalu berat badan saya 67 kg sekarang berat badan saya naik menjadi 73 kg dalam waktu  2 minggu memang saya makan 2 kali sehari dok tapi dengan porsi yang banyak dan 2 bulan lalu gula darah saya mencapai 230 waktu saya masih berat 63 kg,,nah sekarang berat saya 73 kg,,kira kira itu berpengaruh gak dokter...?terus apa yang harus saya konsumsi supaya gula darah tingi saya normal... thanks dokter sebelum nya

    Hai,   Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan tes darah yang bisa menentukan apakah kadar gula darah Anda yang tinggi termasuk dalam kategori Diabetes, Sindrom metabolik , atau toleransi glukosa terganggu. Dengan melakukan pengecekan gula darah saat puasa, 2 jam sesudah makan , TTGO (tes toleransi glukosa oral terganggu) dan pemeriksaan HbA1C akan dapat menentukan kenapa gula darah Anda sempat > 200 mg %. Untuk memperbaiki kadar gula darah yang tinggi agar bisa kembali normal Anda bisa melakukan beberapa cara sbb:

    1. Makan porsi kecil. Hindari makan dalam porsi besar sekali makan yang bisa meningkatkan kadar gula darah secara tiba tiba.
    2. Makan 6 kali dalam porsi terbagi menjadi 3 kali makan besar (nasi dan lauk pauk) serta 3 kali makan kecil (snack sehat, buah dll).
    3. Hindari konsumsi minuman/ makanan berkadar gula tinggi.
    4. Hindari gula.
    5. Hindari soda, kopi, minuman berenergi dll.
    6. Olahraga teratur secara rutin dan kontinu.
    7. Hindari berbaring / tidur sehabis makan.
    Untuk konsumsi obat penurun gula darah maka kondisi Anda perlu diperiksakan terlebih dahulu karena setiap obat memiliki efek samping yang perlu diperhatikan. Konsultasikan permasalahan Anda ke dokter terdekat dan lakukan pemeriksaan fisik dan tes terkait agar bisa mengetahui dengan jelas kondisi Anda. Dengan begitu maka penanganan yang tepat akan bisa diberikan dan lebih besar manfaat yang didapat daripada efek obat. Baca topik Diabetes. Semoga membantu.   dr. Yusi