Tanya Dokter

  • Penanganan penyakit diabetes secara alami

  • Selamat Siang Dokter,

    Saya mau konsultasi terkait dengan gula darah, sekitar 2 tahun yang lalu saya cek Gula darah ternyata 350 mg/dl, terus  dlm satu tahun itu berat badan saya turun 18 kg dan pernah luka di kaki kiri sekarang sudah sembuh, tahun kedua (2017) ini naik turun gula darahnya sempet 140 mg/dl, awal bulan ini naik lagi jadi 383 mg/dl, kalau itu DM tipe berapa yo dok? sudah kedokter di kasih obat metformin, kalau untuk herbal saya harus minum herbal apa? trus pengaruhkah ke kondisi fisik saya? mohon pencerahannya Dok, terimakasih

    Hai,

    DM atau diabetes mellitus merupakan penyakit terkait hormon dan metabolisme tubuh yang ditandai oleh kadar gula darah yang lebih tinggi dari normal karena kekurangan insulin baik secara absolut/mutlak maupun relatif. Insulin merupakan hormon yang diproduksi oleh pankreas yang berfungsi untuk memasukkan gula darah ke dalam sel -- kekurangan insulin akan mengakibatkan tingginya kadar gula darah.

    Secara mekanisme penyebabnya, DM dibagi menjadi 2 tipe besar, yaitu tipe 1 dan tipe 2. DM tipe 1 biasanya terjadi pada masa kanak dan menandakan kekurangan insulin secara absolut / mutlak, yaitu pankreasnya memproduksi kurang insulin. Hal ini berbeda dengan DM tipe 2, yaitu pankreasnya mampu memproduksi cukup insulin, namun sel-sel tubuhnya kurang sensitif terhadap insulin (kekurangan insulin secara relatif). Pada kebanyakan kasus, DM tipe 2 terjadi lebih sering daripada DM tipe 1. Untuk memastikan diagnosis Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter / Ahli Penyakit Dalam (Sp. PD), mungkin perlu ditunjang dengan pemeriksaan darah dan air seni.

    Sampai saat ini, anjuran pengobatan DM ialah perubahan gaya hidup dan pengobatan dengan obat-obatan penurun gula darah. Pemakaian obat herbal belum menjadi tatalaksana pokok dalam pengelolaan kasus DM. Hal ini tidak berarti bahwa obat herbal tidak mampu menurunkan kadar gula darah, hanya saja efek penurunan kadar gula darah yang dimiliki masing-masing jenis herbal belum diteliti secara maksimal (mis. profil keamanan, efek samping dan interaksi obat).

    Anjuran bagi Anda saat ini ialah kontrol rutin ke Dokter terkait penyakit DM saat ini. Penyakit DM bukanlah sesuatu yang bisa disembuhkan, tetapi penyakit DM bisa dikontrol. Kontrol gula darah yang baik penting untuk mencegah terjadinya komplikasi penyakit DM, seperti kerusakan pembuluh darah besar (mis. penyakit jantung dan stroke) dan kerusakan pembuluh darah kecil (mis. kebutaan dan gangguan ginjal). Terapkan pola hidup sehat seperti biasa berolahraga dan tidak merokok.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma