Tanya Dokter

  • Penyebab peningkatan kadar gula darah tubuh

  •  viyandel
    Anggota
    Salam. Saya wanita usia 22 tahun, sudah coba 3 kali cek gula darah puasa selalu tinggi dalam 1 tahun ini. Pertama 285, kedua 254, ketiga 178. Namun jika di cek gula darah sewaktu atau beberapa setelah makan justru gula darah saya menjadi normal-rendah, pernah 96 hingga 67. Contoh saja tadi siang saya cek 178 kemudian saya langsung makan mie ayam dan es teh, kemudian saya cek kembali menjadi 87. Kira kira kenapa ya dokter? diabetes pun setahu saya bukan terbalik seperti ini. hehe Terimakasih.

    Halo Viyandel, terimakasih atas pertanyaan Anda

    Diabetes adalah penyakit kronik akibat pankreas tidak memproduksi cukup insulin atau saat tubuh tidak secara efektif menggunakan insulin (resistensi insulin). Diagnosis diabetes melitus tipe 2 dapat ditegakkan bila memenuhi salah satu atau beberapa poin berikut ini:

    • gula darah sewaktu (GDS) lebih dari 200 mg/dL dengan trias klasik diabetes, yaitu sering kencing (poliuria), sering haus (polidipsia), dan sering makan (polifagia)
    • gula darah puasa (GDP) lebih dari 126 mg/dL (minimal puasa selama 8 jam)
    • gula darah dua jam setelah makan (GD2PP) lebih dari 200 mg/dL
    • kadar HbA1C lebih dari 6,5 persen

    Berdasarkan informasi yang Anda sampaikan di atas, telah memenuhi salah satu dari poin diagnosis dari diabetes melitus tipe 2, yaitu GDP lebih dari 126 mg/dL. Alangkah baiknya bila Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter spesialis penyakit dalam untuk merencanakan program pengobatan yang tepat. Meskipun hingga saat ini diabetes tidak bisa disembuhnya, pengobatan sejak dini bisa mencegah komplikasi dari penyakit ini terhadap pembuluh darah, saraf, dan organ tubuh. Selain obat-obatan, penderita diabetes dihimbau menerapkan pola hidup sehat, yaitu konsumsi makanan bergizi seimbang dan batasi konsumsi gula harian, serta olahraga secara rutin.

    Semoga bermanfaat ya

    dr, Lili