Tanya Dokter

  • Mual muntah dan keringat dingin setelah minum obat diabetes

  • Dokter sebelumnya terimakasih sudah membuat forum ini, saya ingin bertanya mengenai penyakit terkait gula darah.
    Ayah saya baru2 ini check up tanggal 2 november 2017 ke lab klinik, hasil periksa gula darah, glukosa puasa : 202,glukosa 2-pp : 455
    Untuk profil lirik masih normal 170 untuk kolesterol total.
    Setelah check up, dokter memberi resep dan obat sekaligus karna punya apotek juga, MECOBALAMIN 500 MCG, GLUCOTICA METFORMIN 500 MCG, GRADINE 10 Loratadine. Setelah mengkonsumsi beberapa hari, ayah saya muntah, mual, keringat dingin, pusing. Saya bingung apa penyebabnya, mohon petunjuk ya dok. Terima kasih

    Christian Hutabarat  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Christian,

    Peningkatan gula darah diatas kadar normal merupakan salah satu gejala diabetes (kencing manis). Diabetes adalah penyakit jangka panjang dan tidak selalu menimbulkan keluhan fisik. Walaupun dapat tidak bergejala, diabetes dapat menimbulkan berbagai komplikasi kesehatan yang serius dan menyebabkan gangguan multi-organ. Selain peningkatan kadar gula darah, diabetes juga dapat disertai keluhan berikut :

    • Sering haus
    • Sering buang air kecil
    • Mudah lapar
    • Berat badan turun tanpa penyebab yang jelas
    • Kelelahan
    • Gangguan pada pandangan
    • Kesemutan
    • Luka sulit sembuh, mudah mengalami infeksi
    • Disfungsi ereksi
    • dsb
    • Obat-obatan yang diberikan oleh dokter Anda bermanfaat untuk membantu menurunkan kadar gula darah ayah Anda, mengatasi alergi dan supplementasi vitamin B12. Beberapa obat tersebut memang dapat menimbulkan efek samping gangguan pada saluran cerna, meskipun demikian belum tentu kondisi yang ayah Anda alami disebabkan oleh pengobatan, namun dapat juga disebabkan oleh kondisi medis lainya seperti infeksi saluran cerna atau sakit maag.

      Bila ayah Anda mengalami keluhan setelah mengkonsumsi obat dari dokter maka sebaiknya ayah Anda berkonsultasi dengan dokter yang merawatnya agar mendapat penanganan lebih lanjut terkait keluhanya. Ayah Anda juga dapat meminta pendapat dokter lain terkait kondisinya. Saya sarankan agar ayah Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam agar mendapat penanganan yang optimal.

      Berikut artikel terkait pertanyaan Anda :

      Diabetes

      Semoga bermanfaat,

      dr. Budiono