Tanya Dokter

  • Gula darah pada anak

  •  AyuImuly
    Anggota
    Salam....dok saya mau tanya..anak saya makan jam 5 sore dan makan kembali jam 8:30 Saya cek gula darah jam 9:00 hasil 203 mg. Tidak ada penyakit diabetes sebelumnya...saya hanya iseng aja ngecek gula darah anak.kok jasilnya tinggi yah saya jadi kawatir takut anak saya kena diabetes atau prediabettes. ..mohon penjelasannya dok.apakah ada gejala dengan gula darah anak yg 203mg
    AyuImuly  dr. Danny
    Dokter

    Hai.

    kadar gula darah dapat berubah ubah pada tiap waktunya. Gula darah pada anak tidak sama dengan gula darah pada orang dewasa. Gula darah pada anak dapat berbeda beda sesuai dengan umur anak. Anak yang mempunyai masalah pada gula darah biasanya mengalami diabetes tipe 1, dimana terjadi gangguan pada sel pankreas sehingga kadar insulin yang dihasilkan berkurang.

    Jika anda memeriksa gula darah setelah 30 menit makan, maka hal tersebut tidak dapat dijadikan patokan untuk mengetahui gula darah. Setelah 30 menit makan maka hasil pemeriksaan gula darah dapat bervariasi tergantung dari jenis dan jumlah makanan yang dimakan. Selain itu , pada anak kadar gula darah dapat bervariasi tergantung :

    • Makanan
    • aktivitas fisik
    • stres
    • kadar hormon pertumbuhan
    • Penyakit yang diderita

    oleh karena itu, tidak dapat disimpulkan jika hanya diambil 1 data pengukuran gula darah, dan tidak dapat dilakukan 3o menit setelah makan.

    oleh karena itu, untuk menentukan secara pasti anda dapat memeriksakan anak anda langsung ke dokter spesialis anak sehingga dokter dapat memeriksa anak anda lebih lanjut. Mungkin nanti akan dilakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, gula darah puasa, gula darah 2 jam setelah makan, pemeriksan urin .

    berikut artikel yang dapat anda baca mengenai Diabetes tipe 1

    semoga bermanfaat. Terimakasih

    dr. Danny