Tanya Dokter

  • Penyebab gula darah rendah

  •  Yasmine
    Anggota

    Dok,kemarin saya cek gula darah. Dan hasilnya adalah 54 mg/dL. Padahal sekitar dua jam sebelumnya,saya baru makan panganan manis.
    Tapi meskipun begitu, saya masih sanggup beraktifitas bahkan angkat galon.
    Mohon penjelasannya. Terima kasih.

    Hai Yasmine.. Terimakasih untuk pertanyaan yang diberikan.

    Gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah tidak baik bagi tubuh.  Setelah kita makan maka karbohidrat akan dipecah menjadi gula dan diedarkan keseluruh tubuh.  Gula ini yang digunakan oleh tubuh sebagai sumber energi. Kadar gula normal pada orang yang sedang puasa adalah < 126 mg/ dL, 2 jam setelah makan adalah <180 mg/dL, sedangkan gula darah sewaktu/ tanpa puasa adalah < 200 mg/DL. Gula darah yang terlalu rendah lelah, pusing, gemetar, berkeringat, berdebar- debar, jika gula darah semakin rendah maka penderita dapat hilang kesadaran/ pingsan. 

    Gula darah dikatakan rendah/ hipoglikemia bila <70 mg/dL. Hal ini dapat terjadi pada penderita diabetes yang tetap mengkonsumsi obat diabetes tanpa disertai dengan adanya asupan makanan. Sedangkan hipoglikemia pada orang bukan penderita diabetes dapat disebabkan oleh: produksi insulin yang berlebih dari pankreas (misal pada penderita obesitas, konsumsi karbohidrat terlalu banyak), puasa, adanya gangguan pada kelenjar tiroid, ginjal, atau hati. 

    Walaupun saat itu hasil gula anda 54 tetapi masih dapat beraktivitas, tetapi anda perlu untuk mengenali tanda- tanda hipoglikemia dan bila terasa ada gejala maka yang pertama kali dapat anda lakukan adalah minum air gula atau makan makanan yang manis seperti permen. Serta anda juga dapat kembali melakukan pemeriksaan darah baik gula darah puasa, gula darah 2 jam setelah makan, dan dapat juga gula darah sewaktu. 

    Yang dapat dilakukan untuk menjaga gula darah tetap teratur adalah:

    • Olahraga teratur
    • Makan makanan yang bergizi serta sesuaikan dengan aktivitas anda
    • Makan tepat waktu

    Semoga bermanfaat

    dr. Iriyanti