Tanya Dokter

  • Penyebab bayi sering gumoh

  •  Miftahudin
    Anggota
    Selamat malam dok.. sy punya bayi umur 2 bulan 4 hari, dia sering gumoh klo gak keburu saya sendawakan. Nah kadang gumohnya suka keluar dari hidung setelah itu langsung mampet hidungnya. Apakah berbahaya dok?

    Halo Miftahudin, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gumoh atau keluarnya kembali isi perut melalui mulut adalah hal yang sering sekali terjadi terutama pada bayi kecil. Gumoh dapat terjadi karena saluran cerna pada bayi kecil belum benar-benar berkembang sempurna seperti saluran cerna pada orang dewasa. Saluran cerna bayi berukuran kecil dan sfingter gastroesofagus (katup di antara esofagus dan lambung bayi yang berfungsi mencegah isi lambung naik lagi ke atas) masih belum dapat berfungsi dengan sempurna. Tidak jarang juga gumoh dapat keluar dari hidung bayi karena saluran cerna dan saluran nafas memang saling berhubungan. Hal ini adalah hal yang normal terjadi. Biasanya bayi akan sering gumoh hingga usia 4 bulan, dan akan berkurang dengan sendirinya setelah bayi bisa duduk. Gumoh yang tidak normal pada bayi patut dicurigai apabila anda menjumpai hal-hal berikut:

    1. Berat badan bayi tidak naik
    2. Disertai dengan sesak nafas
    3. Bayi bukan gumoh melainkan muntah menyemprot
    4. Terdapat warna kuning kehijauan dalam cairan yang dikeluarkan

     

    Bila bayi anda sering mengalami gumoh, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat anda lakukan:

    1. Perbaiki posisi minum susu bayi anda. Posisikan kepala bayi berada lebih tinggi dari perutnya saat sedang menyusu. Posisi ini akan membuat gas lebih berada di bagian atas saluran cerna dan lebih mudah bagi bayi anda untuk mengeluarkannya dari sendawa.
    2. Sendawakan bayi anda setelah selesai menyusu. Bila menyusu langsung, sendawakan setiap berganti payudara. Bila menggunakan botol, berhentilah lebih sering untuk menyendawakan bayi anda. Selain menggendong tegak bayi anda dan menepuk-nepuk punggungnya, anda juga dapat menyendawakan bayi anda dengan cara mendudukkan bayi anda di pangkuan anda, mencondongkan badannya ke depan sambil menahan kepala bayi di bagian dagu dan pipinya, lalu tepuk-tepuk punggungnya. Cara kedua ini terutama efektif untuk bayi baru lahir.
    3. Bila bayi minum menggunakan botol, gantilah dotnya dengan dot yang alirannya lebih lambat.
    4. Gendong bayi dalam posisi tegak selama kira-kira 20-30 menit setelah menyusu.

     

    Hidung yang mampet setelah gumoh keluar dari hidung terjadi karena cairan dari lambung mengiritasi mukosa hidung bayi anda. Kondisi hidung mampet tersebut biasanya terjadi hanya sementara saja. Anda dapat membantu membersihkan lubang hidung anak anda dengan meneteskan atau menyemprotkan cairan saline khusus hidung ke hidung bayi dan menyedot hidung bayi anda dengan menggunakan alat penyedot hidung khusus bayi.

     

    Sekian informasi yang dapat saya berikan,semoga cukup membantu

     

    dr. Irna Cecilia