Tanya Dokter

  • Sering gumoh dan menyemburkan makanan keluar mulut

  •  Septi Challay
    Anggota
    Dok, anak saya baru mau dua bulan. Tapi dia sering gumoh tapi dengan jumlah yang banyak dan bahkan menyembur keluar dari mulutnya. Saya baca di satu artikel kalau itu di sebut muntah proyektil tapi kondisi anak saya gemuk dan berat badannya naik 2kg. Apa saya harus konsultasi pada dokter anak?

    Halo Septi.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, gumoh atau muntah ringan pada anak bayi sebenarnya merupakan hal yang normal. Cairan susu yang keluar ini terjadi akibat udara yang masuk ke dalam lambung saat menyusui.

    Perlu Anda ketahui, setengah dari semua bayi berusia 0 bulan sampai dengan 3 bulan, setidaknya gumoh sekali sehari. Puncak gumoh terutama pada saat usia 2 bulan sampai dengan 4 bulan, dan biasanya sudah berarti total pada usia 12 bulan.

    Yang perlu Anda waspadai jika gumoh disertai ciri : muntahan berwarna hijau, bayi terlihat sangat kesakitan, pembengkakan pada perut, terdapat darah pada muntahan, berat badan bayi tidak meningkat, bayi terlihat lemas.

    Cobalah atasi keadan ini dengan cara :

    • Usai minum susu jangan langsung membaringkan bayi.
    • Gendong bayi minimal setengah jam setelah minum susu.
    • Berikan susu sebelum bayi Anda terlalu lapar, karena pada saat bayi lapar maka bayi akan menyusu dengan cepat dan berpotensi terjadi gumoh.
    • Hindari pemakaian popok terlalu ketat.
    • Berikan susu sedikit demi sedikit akan tetapi sering.

     

    Akan tetapi jika setelah melakukan cara - cara di atas gumoh pada anak Anda semakin sering dan memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis anak, dan mendiskusikan masalah ini, agar anak Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati