Tanya Dokter

  • keluar gumpalan darah disertai nyeri perut

  •  Iis Triwulan
    Anggota
    Dok saya mau tanya saya terakhir haid oktober saya mual pusing juga dan saya minum olancar haid 2 kapsul saya juga mlakukan hbgan seksuak skrg saya keluar darah seperti haid tpi sakitnya bget skala nyeri 5 ketika saya nongkrong di wc ternayata yg keluar gumpalan darah kerang lbih stengah genggaman tlong dok apakah itu kguguran atau gmna trima kasih

    Hai Iis,

    Bila menstruasi terakhir Anda pada bulan Oktober maka ada kemungkinan sebelumnya Anda mengalami keterlambatan menstruasi. Apakah Anda telah melakukan pemeriksaan testpack? Adanya keterlambatan menstruasi dengan hasil testpack positif, disertai dengan keluarnya gumpalan darah dan nyeri perut, kemungkinan besar memang dapat disebabkan oleh keguguran.

    Keguguran adalah kematian janin dalam kandungan sebelum usia 20 minggu. Gejala yang dapat timbul antara lain perdarahan vagina, sakit perut bagian bawah, serta keluarnya jaringan (misalnya gumpalan darah atau jaringan janin) dari vagina.

    Namun demikian, keluhan yang Anda alami dapat pula disebabkan oleh kondisi medis yang lain seperti:

    -Menstruasi dengan perdarahan yang lebih banyak hingga bergumpal-gumpal

    -Perdarahan paska berhubungan intim

    -Kehamilan ektopik

    -Endometriosis

    -Radang panggul

    -dan sebagainya

    Untuk memastikan penyebabnya sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan karena kondisi ini memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (seperti USG, tes urine, tes darah dan sebagainya) untuk menganalisis penyebabnya dan menentukan penanganan yang tepat bagi Anda sesuai dengan kondisi dasarnya.

    Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:

    -Istirahat total dengan bed rest/tirah baring

    -Hindari konsumsi obat-obatan apapun tanpa petunjuk dokter

    -Tunda melakukan hubungan intim selama perdarahan masih berlangsung

    -Meminimalisir stres

    Diskusi berikut ini memuat topik yang terkait:

    Keluar darah seperti gumpalan setelah terlambat haid

    Demikian semoga bermanfaat.

    dr. Muliani Sukiman