Tanya Dokter

  • keluar gumpalan darah hitam setelah pencabutan gigi

  •  Fikrachman86
    Anggota
    Selamat sore dok , saya Taufik Rachman , kemarin sore tepatnya saya pergi ke dokter untuk melakukan pencabutan gigi , karena gigi hanya tinggal akar dan harus dicabut , proses pencabutan berjalan lancar , dan dokter menganjurkan untuk menggigit kain kasa selama ½ jam ,dan seterusnya , lalu pada keesokan harinya saat saya melihat keadaan gusi saya , terdapat gumpalan darah yang hitam , namun tidak terasa sakit , apakah itu normal dok ?

    Hai,

    Darah normalnya berwarna merah karena mengandung hemoglobin. Hemoglobin merupakan zat warna darah yang membuatnya berwarna merah. Fungsi hemoglobin ialah untuk mengikat oksigen. Ketika hemoglobin berikatan dengan oksigen, warnanya akan menjadi merah terang (oksihemoglobin), sedangkan saat tidak berikatan dengan oksigen (mis. darah di pembuluh balik / vena), warnanya akan menjadi merah gelap.

    Saat terjadi luka, pembuluh darah dapat koyak dan menyebabkan keluarnya darah dari pembuluh darah. Darah yang berada di luar pembuluh darah ini lambat laun akan berkurang kadar oksigennya, dan karena itu warnanya semakin lama semakin gelap. Warna darah ini dapat sedemikian gelapnya sehingga tampak coklat bahkan kehitaman. Faktor lain yang dapat mengakibatkan warna darah menjadi gelap ialah lingkungan yang asam.

    Gumpalan darah yang warna hitam karena itu, kemungkinan besar masih tergolong normal karena luka terkait pencabutan gigi -- untuk memastikan bahwa kondisi area pencabutan gigi berada dalam kondisi yang baik, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter Gigi.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma